Sabtu, 30/03/2024, 17:39:57
Satlantas Polres Brebes Terapkan Sistem One Way Lokal di Jalur Mudik
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

PanturaNews (Brebes) – Satlantas Polres Brebes akan menerapkan skema sistem One Way Lokal di jalur mudik sebagai langkah strategis untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas selama musim mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Sistem One Way Lokal ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengaturan lalu lintas dan mengurangi potensi kemacetan di wilayah Brebes.

Kasat Lantas Polres Brebes, AKP Rahandi, menjelaskan bahwa penerapan sistem One Way Lokal ini dilakukan untuk mengatur arus lalu lintas secara lebih efektif, terutama di jalur-jalur yang rawan kemacetan selama musim mudik.

Menurut Kasatlantas dengan adanya sistem ini, diharapkan dapat meningkatkan kelancaran perjalanan para pemudik dan mengurangi risiko terjadinya kemacetan yang mengganggu arus lalu lintas.

“Sistem One Way Lokal ini merupakan salah satu upaya kami untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas selama musim mudik. Dengan adanya pengaturan jalur satu arah, diharapkan dapat mengurangi penumpukan kendaraan dan memperlancar perjalanan para pemudik,” ujar Rahandi. Jumat 28 Maret 2024.

Dua jalur yang akan di lakukan system one way yaitu wilayah Brebes tengah (Dermoleng) dan wilayah Brebes selatan.

Wilayah Brebes Tengah system one way akan di lakukan dari pertigaan exit tol Pejagan sampai klonengan dan di wilayah Brebes selatan mulai Tugu Poci sampai dengan jalan lingkar bumiayu.

Dan pada tanggal 5 April kedua jalur tersebut akan di laksanakan sistem one way serentak pada pukul 21:00 s/d 23:00 Wib.

Kemudian pada tanggal 6 s/d 9 April di kedua wilayah tersebut juga akan dilaksanakan sistem one way pada pagi hari, siang dan sore juga malam hari dengan waktu pelaksanaan tentative.

Himbauan di sampaikan Kasatlantas kepada masyarakat sekitar apabila tidak ada kegiatan yang bersifat urgent diharapakan untuk menghindari ruas jalan tersebut.

Selanjutnya disampaikan Kasatlantas kepada seluruh pengguna jalan untuk mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku, mengikuti petunjuk petugas, dan menjaga keamanan selama berkendara.

“Keselamatan dan kelancaran perjalanan menjadi prioritas utama dalam penerapan sistem One Way Lokal ini,” jelasnya.

“Dengan kerjasama dan kesadaran dari seluruh pengguna jalan, diharapkan arus lalu lintas selama musim mudik tahun 2024 ini dapat berjalan lancar dan aman bagi semua pihak dan Polantas Polres Brebes siap memberikan bantuan, pengawasan, dan informasi kepada para pemudik guna memastikan perjalanan yang aman dan nyaman,” pungkasnya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita