Sabtu, 30/03/2024, 00:01:59
Hati-hati! Ada 19 Perlintasan Rel Kereta Api Tidak Berpalang Pintu
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

PanturaNews (Brebes) - Sedikitnya 19 dari 51 perlintasan kereta api di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, tidak dilengkapi palang pintu dan belum dijaga oleh petugas. Untuk itu, kepada pengguna jalan dihimbau untuk berhati-hati ketika akan melintasinya.

Dari 19 perlintasan kereta api tanpa palang pintu itu, tersebar di jalur utara maupun jalur selatan di Brebes itu juga belum dijaga oleh petugas.

Namun, menjelang arus mudik Lebaran 2024, berbagai upaya terus dilakukan berbagai pihak untuk memperlancar kelancaran arus lalu lintas kendaraan pemudik yang akan melintas.

Seperti halnya dilakukan Pemerintah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang telah mengeluarkan surat edaran kepada para kepala desa (kades) yang wilayahnya dilintasi jalur rel kereta api (KA) tidak berpalang pintu, untuk menerjunkan personel Linmas di perlintasan rel kereta api sebidang tanpa palang pintu itu.

Kepala Dinas Perhubungan Brebes, Budhi Darmawan mengatakan dari 51 perlintasan KA di wilayah Brebes, hanya 12 petugas perlintasan kereta api yang dijaga pihak PT KAI. Sementara 13 titik dijaga oleh petugas Dishub, 12 petugas dari PT. KAI, dan 7 perlintasan sebidang lainnya dijaga pihak swasta. 

"Jadi masih ada 19 perlintasan tanpa palang pintu yang belum dijaga. Untuk itu, kami telah menyurati para kepala desa di masing-masing wilayahnya yang terdapat perlintasan belum berpalang pintu, untuk menempati anggota Linmas nya," kata Budhi, Jumat 29 Maret 2024.

Untuk menghadapi arus mudik Lebaran tahun 2023, Budhi mengungkap pihaknya setidaknya menerjunkan 100 personel yang bertugas menjaga keamanan dan kelancaran arus mudik. 

"Kita menerjunkan 100 personel yang ditempatkan di titik-titik yang memang perlu ada penjagaan pengamanan mudik, termasuk di 13 perlintasan kereta api sebidang yang selama ini dijaga petugas kami" pungkasnya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita