Selasa, 26/03/2024, 10:50:14
SKB Kurang Layak, Persab Tak Penuhi Syarat Jadi Tuan Rumah Putaran Nasional Liga 3 2023/2024
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

PanturaNews (Brebes) - Persab Brebes harus menelan pil pahit setelah dikonfirmasi bahwa Stadion Karangbirahi Brebes (SKB) tempat mereka bermarkas tidak memenuhi syarat untuk menjadi tuan rumah pada gelaran putaran nasional Liga musim 2023/2024.

Kondisi stadion milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes yang dinilai kurang memadai ini mencakup beberapa aspek. Di antaranya, lapangan yang tidak dalam kondisi baik, dan kekurangan infrastruktur yang diperlukan untuk mengakomodasi kebutuhan pertandingan. 

Keputusan ini mengecewakan para pendukung atau suporter Persab Brebes yang menghendaki klub sepakbola kebanggaan mereka menjadi tuan rumah.

"Kita harus realistis dengan kondisi sarana prasarana yang ada, terutama lapangan. Untuk latihan sajj gak layak. Bagaimana bisa mengajukan, bahkan ditunjuk untuk menjadi tuan rumah putaran nasional Liga 3 musim 2023/204," kata Ketua Umum Persab Brebes, Asrofi, Selasa 26 Maret 2024.

Meski begitu, lanjut Asrofi, tim Laskar Jaka Poleng, julukan Persab Brebes, tetap semangat dan optimis untuk bersaing secara kompetitif. Meski tantangan besar, Asrofi yakin, timnya dapat menunjukkan performa terbaik mereka dan bersaing dengan tim-tim tuan rumah nantinya.

Manager Persab Brebes, Ridhohul Khukam menambahkan, timnya tidak menghentikan semangat mereka untuk tetap berjuang dan siap memberikan yang terbaik di lapangan. Para pemain, pelatih, dan official serta managemen tim Persab, telah berkomitmen untuk bekerja keras dan mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk kompetisi putaran nasional Liga 3 musim 2023/2024 yang rencana akan bergulir pada April mendatang.

Meskipun akan menjadi tantangan untuk bermain di stadion lawan, Pasukan Laskar Jaka Poleng melihat hal ini sebagai kesempatan untuk membuktikan kemampuan timnya dan menunjukkan ketangguhan di tengah persaingan. 

Pihaknya percaya bahwa dengan kerja keras, disiplin, dan semangat juang yang tinggi, Persab dapat mengatasi segala rintangan yang dihadapi.

"Dengan fokus pada persiapan yang matang dan semangat bertanding yang tinggi, kami optimis tim Persab Brebes dapat menampilkan performa terbaik mereka . Meskipun tidak menjadi tuan rumah, tim kami siap untuk memberikan yang terbaik dan mengejar prestasi di lapangan hijau," tegas Manager.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan Surat dari PSSI Nomor : 1272/AGB/226/III-2024 yang diterbitkan pada Minggu 24 Maret 2024, PSSI telah memutuskan daftar tuan rumah Liga 3 Nasional 2023/2024 pada Senin 25 Maret 2024.

Dalam daftar tuan rumah tersebut sebanyak 16 kota yang semuanya berada di Pulau Jawa.

Sebagai tuan rumah, beberapa kewajiban yang harus dipenuhi tim, salah satunya adalah menyediakan transportasi lokal bagi tim peserta yang meliputi penjemputan dari hotel ke stadion/lapangan saat pertandingan, penjemputan dari hotel ke tempat match coordination meeting dan pre match press conference.

Tim tuan rumah juga harus menyediakan fasilitas kesehatan berupa ruang kesehatan di setiap stadion lengkap dengan peralatan, ambulans, 2 buah tandu LSB (Long Spine Board) beserta 8 awak tandu, alat pacu jantung portable, tabung oksigen dan instrumen kelengkapannya, dokter standby, hingga rumah sakit rujukan.

Adapun untuk drawing pembagian grup baru akan dilakukan Selasa 26 Maret 2024 (hari ini).

Berikut 16 tuan rumah babak 80 besar putaran nasional Liga 3 Tahun 2023/2024 yaitu : 

Provinsi Jabar menjadi tuan rumah di 6 kota, yakni Bekasi, Karawang, Subang, Bandung, Garut dan Ciamis.

Sedangkan Jawa Tengah (Jateng), Liga 3 Nasional digelar di tiga kota yaitu Pekalongan, Kudus dan Demak.

Adapun Jawa Timur (Jatim) di empat kota yakni Bojonegoro, Pasuruan, Kediri dan Malang.

Yogyakarta di dua lokasi yaitu di Bantul dan di Yogyakarta.

Sementara itu, Banten, pertandingan Liga 3 Nasional 2023/2024 di gelar di Tangerang di Stadion Benteng..

 


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita