Rabu, 20/03/2024, 13:37:08
Penuhi Kebutuhan Lebaran, Bank Indonesia Tegal siapkan Rp 4,65 Triliun
-LAPORAN JOHARI

 Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) di Kantor Perwakilan Bank IndonesiaTegal.

PanturaNews (Tegal) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Tegal, siapkan Rp 4,65 Triliun dan siapkan 74 titik layanan penukaran se-Eks Karesidenan Pekalongan dan 10 titik diantaranya di Kota Tegal. Hal tersebut ditandai dengan kick off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) di Kantor Perwakilan Bank IndonesiaTegal, Rabu 20 Maret 2024.

Selain dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tegal, juga dihadiri perwakilan dari Perbankkan se-Kota Tegal.

Kepala KPwBI Tegal, Marwadi dalam Kick Off SERAMBI tersebut menyampaikan, sebagai wujud komitmen Bank Indonesia (BI) untuk memenuhi ketersediaan uang Rupiah yang berkualitas dan terpercaya bagi masyarakat, KPwBI Tegal mempersiapkan Uang Layak Edar (ULE) sebesar 4,65 triliun Rupiah meningkat 1,12 % atau Rp 150 miliar dibandingkan realisasi tahun 2023 yaitu Rp 4,5 Triliun. 

Marwadi menjelaskan, untuk kebutuhan Uang Pecahan Kecil (UPK) pada periode tahun 2024 meningkat Rp 101 Miliar menjadi Rp 435 miliar dibandingkan realisasi tahun 2023 sedangkan Uang Pecahan Besar (UPB) meningkat Rp 40 miliar dibandingkan realisasi tahun lalu menjadi Rp 4,22 Triliun.

Pada tanggal 20 Maret 2024 KPwBI se-wilayah Jateng & DIY secara serentak dan bersama-sama melaksanakan kick off SERAMBI. Ia menambahkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan setiap setahun sekali ini diselenggarakan oleh BI dalam rangka merespon kebutuhan masyarakat atas uang Rupiah pada periode Ramadan dan Idulfitri (RAFI). 

Terhitung mulai 20 Maret-05 April 2024, masyarakat dapat melakukan penukaran uang Rupiah di 74 titik layanan kantor bank umum yang tersebar di seluruh wilayah se-Eks Karesidenan Pekalongan. Khusus untuk wilayah Kota Tegal dan sekitarnya, BI bersama perbankan akan menyediakan layanan penukaran uang terpadu pada tanggal 1 – 4 April 2024 di lapangan parkir Samsat Kota Tegal. 

“Khusus untuk kegiatan SERAMBI ini akan dilakukan penukaran uang rupiah bersama, yang didukung oleh perbankkan bersama Bank Indonesia, dan khsusus untuk Kota Tegal akan dilaksanakan di Halaman Parkir Kantor Samsat Tegal,” ujar Marwadi.

Tercatat 10 Bank yang akan berkontribusi dalam penukaran uang tersebut yakni, BRI. BNI, BTN, BPD Jateng. Bank Jabar, Bank Muamalat, Bank Woori Saudara, Bank Syariah Indonesia, Bank Mandiri dan Bank Central Asia.

Masyarakat juga dapat melakukan penukaran uang pecahan kecil melalui layanan kas keliling Bank Indonesia Tegal dimana masyarakat dapat melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui web https://pintar.bi.go.id sesuai jadwal yang telah ditetapkan, dengan menyertakan bukti pemesanan serta KTP. Adapun ketentuan tambahan adalah 1 orang penukar hanya bisa mewakili 2 KTP. Menurut Marwadi, hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa distirbusi uang kepada masyarakat tepat sasaran dan merata. 

Marwadi mengingatkan bahwa penukaran uang baik melalui kas keliling dan layanan penukaran terpadu, dapat menggunakan Tunai dan Non Tunai /QRIS pada beberapa Perbankan. Dengan kebijakan layanan penukaran di atas, masyarakat diimbau agar tidak melakukan penukaran uang melalui perantara karena terdapat potensi risiko seperti tidak adanya jaminan ketepatan jumlah uang yang ditukar, kemungkinan menerima uang palsu, serta adanya pungutan biaya. Seluruh rangkaian kegiatan penukaran uang pada momen Ramadan dan Idulfitri ini dikemas dalam kegiatan SERAMBI 2024 yang bertema “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah".

Sekretaris Daerah Kota Tegal, Agus Dwi Sulistyantono dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa menjelang lebaran tahun 2024 akan semakin banyak permintaan uang beredar, karena aktivitas perekonomian masyakarakat meningkat, termasuk uang-uang baru, mengingat hal tersebut, Sekretaris Daerah Kota Tegal menghimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai situasi seperti ini, tukarkanlah uang pada tempat-tempat yang resmi agar aman, berhati-hati pada aspek-aspek kejahatan yang mulai muncul. Hal ini agar Agus Dwi sampaikan agar masyarkat bisa terlindungi dan berharap masyarakat bisa menikmati hari raya dengan bahagia.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita