Jumat, 08/03/2024, 11:04:40
7 Tips Belajar Bahasa Inggris Menyenangkan Bagi Pemula
Oleh: Hilman Adhi Feriyanto, SPd

Ilustrasi (Foto: Freepik) 

Belajar bahasa Inggris tidak harus menjadi kegiatan yang membosankan atau terasa seperti beban. Dengan metode yang tepat, bisa menjadikannya aktivitas yang menyenangkan dan mengasyikkan. 

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu belajar bahasa Inggris dengan cara yang lebih menarik dan efektif.

1. Jangan takut salah saat ingin berbicara.

Siswa takut salah saat ingin mengucapkan kata atau kalimat. Biasanya karna takut salah dalam menggunakan grammar/tata bahasa. Untuk sementara, abaikan dulu grammar/tata bahasa dan tenses, agar kalian berani berbicara bahasa inggris. intinya kita bisa menyampaikan sesuatu dan jika orang lain bisa merespon dengan baik, artinya tujuan kita berkomunikasi sudah tercapai.

2. Sering berlatih kalimat sederhana.

Saat baru belajar Bahasa Inggris, cobalah menggunakan kalimat sederhana saat kamu belajar menulis atau berbicara dalam Bahasa Inggris. Gunakan kalimat-kalimat sederhana hingga lancar. Setelah itu, mulai lah belajar menggunakan kalimat yang lebih rumit.

3. Mendengar dan menyanyikan lagu Berbahasa Inggris.

Semakin sering anak-anak mendengarkan lagu berbahasa Inggris, semakin sering pula anak-anak mendengarkan kosakata bahasa Inggris dan belajar mengucapkannya.

4. Menonton film berbahasa Inggris.

Anak-anak dapat menemukan kosakata, kalimat dan memahami konteks yang tepat untuk menggunakan suatu istilah, serta tau cara mengucapkan kalimat-kalimat yang diungkapkan dalam adegan film tersebut. 

5. Bermain game dengan Bahasa Inggris.

Bermain game Berbahasa Inggris seperti: wordle, scrabble, hangman.

Atau boleh memakai game online yang menyediakan komunikasi 2 arah yang trending di kalangan anak muda seperti FF, PUBG & Mobile Legend akan sangat menyenangkan. Carilah server luar negeri, aktifkan voice, ikut nimbrung saat tim main kalian sedang ngobrol pakai bahasa Inggris, otomatis kama kalian akan terbiasa komunikasi bahasa inggris.

6. Setting HP dan media sosial dalam bahasa Inggris.

Biasakan diri mengoperasikan HP atau medsos dengan bahasa Inggris, kita akan menjadi lebih familiar dengan berbagai kosakata yang relevan untuk kehidupan modern sehari-hari.

7. Membaca buku atau teks berbahasa Inggris kesukaanmu.

Pilihlah buku, teks, novel, atau cerpen dengan topik kesukaanmu yang penyampaiannya berbahasa Inggris. 

Dengan begitu, proses belajar akan terasa menyenangkan. Kamu akan menemukan kosakata baru dan sekaligus belajar cara penerapan grammar/tata bahasa.

(Penulis, Hilman Adhi Feriyanto, S.Pd Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 2 Bumiayu) 

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita