Jumat, 23/02/2024, 16:30:06
KKN Mahasiswa UP Adakan Pelatihan dan Pembelajaran Fotografi Dasar Kepada Siswa SD
Oleh: Dadang Ari Fradika

MAHASISWA Kuliah Kerja (KKN) dari Universitas Peradaban (UP) Bumiayu, Kabupaten Brebes sukses mengadakan kegiatan pelatihan dan pembelajaran fotografi dasar untuk siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Jembayat 03, Margasari, Kabupaten Tegal.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula sekolah pada hari Kamis 21 Februari 2024, ini bertujuan untuk mengenalkan seni fotografi kepada anak-anak sejak dini, serta meningkatkan kreativitas dan keterampilan mereka dalam mengambil gambar. 

Acara pelatihan ini diikuti oleh lebih dari 50 siswa dari tingkat kelas 4 dan 5. Para mahasiswa KKN Universitas Peradaban yang menginisiasi kegiatan tersebut membawa semangat dan pengetahuan mereka tentang fotografi untuk dibagikan kepada anak-anak. Mereka memulai kegiatan dengan memperkenalkan peralatan fotografi dasar seperti kamera, lensa, dan tripod, serta memberikan penjelasan singkat tentang bagaimana cara menggunakannya. 

Selain itu, para mahasiswa juga memberikan pemahaman dasar tentang komposisi foto, pencahayaan, dan teknik pengambilan gambar yang baik. Mereka memperlihatkan contoh-contoh foto yang menarik dan memberikan tips praktis tentang cara menghasilkan foto yang bagus. Para siswa pun diberi kesempatan untuk mencoba langsung dengan kamera yang disediakan oleh mahasiswa. 

Menurut Ketua KKN Universitas Peradaban Desa Jembayat, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sekitar, khususnya dalam bidang pendidikan dan seni. 

“Kami berharap melalui kegiatan ini, anak-anak bisa belajar dan tertarik dengan seni fotografi. Siapa tahu, di antara mereka ada yang memiliki bakat dan minat yang bisa dikembangkan lebih lanjut di masa depan,” ujar Ketua KKN. 

Para siswa terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka aktif bertanya dan mencoba langsung teknik-teknik yang diajarkan oleh para mahasiswa. Mereka juga diajak untuk berlatih memotret objek-objek di sekitar sekolah, seperti bunga, binatang, dan teman-teman mereka. 

Menurut Ibu Sri Rahayu, Kepada Sekolah di SD Negeri Jembayat 03, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk melatih kreativitas siswa. “Dengan mempelajari fotografi, anak-anak dapat melihat hal baru dengan cara yang berbeda dan mengembangkan kemampuan artistik mereka,” ujarnya. 

Acara pelatihan fotografi ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para siswa untuk terus belajar dan berkreasi dalam bidang fotografi. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan pengalaman berharga bagi para mahasiswa KKN dalam mengembangkan kemampuan sosial dan kepemimpinan mereka, serta memperluas wawasan tentang pentingnya pendidikan dan pengembangan bakat sejak dini.

 

(Dadang Ari Fradika adalah Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Peradaban, Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita