Jumat, 23/02/2024, 16:16:41
Praktik Literasi Digital Bahasa Arab di SMAS Diponegoro 1 Purwokerto
Oleh: Umi Chabibatus Zahro

LITERASI digital adalah kemampuan individu untuk mengakses, memahami, membuat, mengomunikasikan, dan mengevaluasi informasi melalui teknologi digital yang bisa diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. 

Cakap digital artinya selain bisa mengoperasikan gadget, juga mampu memanfaatkan teknologi digital secara produktif, terhindar dari konten negatif, terjaga keamanannya, serta dapat berkreasi dan berinovasi dengan memanfaatkan teknologi digital. 

Bahasa Arab merupakan mata pelajaran ciri khas yang ada di SMAS Diponegoro Swasta dari mulai kelas X-XII. Tujuan dari pembelajaran Bahasa Arab yaitu membekali peserta didik agar mampu membaca tulisan berbahasa Arab, lebih lanjut lagi yakni untuk mempunyai skill 4 maharah baik qiro’ah, istima’, kitabah dan kalam.

Kegiatan literasi digital ini merupakan realisasi program P5 yakni projek penguatan profil pelajar pancasila. Kegiatan ini dilakukan pada Jum’at, 23 Pebruari 2024 di SMAS Diponegoro 1 Purwokerto, dengan narasumber Umi Chabibatus Zahro, M.Pd.I (dosen Bahasa Arab Universitas Peradaban). Kegiatan ini merupakan kegiatan tri dharma perguruan tinggi dari segi pengabdian kepada Masyarakat. 

Umi menyampaikan bahwa dalam literasi digital mempunyai 4 pilar, yaitu: cakap bermedia digital, budaya bermedia digital, aman bermedia digital dan etis bermedia digital. Begitu juga manfaat yang banyak diperoleh dalam literasi digital, diantaranya adalah: 

-1) belajar bahasa dan menulis sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan baik; 2) menambah keterampilan; 3) mudah dalam memperoleh informasi; 4) memperluas jaringan; 5) memilih Keputusan secara cepat.

Praktik literasi digital yang diterapkan dengan menggunakan komputer atau gadget dalam mengakses link informasi bahasa Arab yang open access. Peserta didik langsung membuka link yang dapat diakses secara terbuka untuk memperoleh informasi yang didapat, diantara link website nya adalah www.schoolarabia.net dan https://learning.aljazeera.net/en Peserta didik merasa antusias dalam mengakses informasi dalam pemanfataan literasi, dikarenakan dalam website juga menyediakan pembejaran bertingkat sehingga peserta didik mampu menyesuaikan tingkatan belajarnya. 

Hal ini juga disampaikan oleh bapak Drs. Daryono, selaku kepala sekolah bahwa kegiatan ini sangat memberikan motivasi belajar dalam berbahasa asing terutama Bahasa Arab. Begitu juga bapak M. Riziq, S.Pd selaku pengampu mata Pelajaran Bahasa Arab mengatakan, bahwa bahasa Arab merupakan bahasa yang perlu dipelajari oleh peserta didik SMAS Diponegoro 1 Purwokerto, dikarenakan dari bahasa kita dapat memahami segala hal di dunia ini (billughoh na’riful ‘alam). 

Harapannya kegiatan ini bisa dilakukan secara berkelanjutan sehingga peserta didik dapat mempunyai referensi dalam literasi digital berbahasa Arab dan melahirkan perserta didik yang mumpuni dalam Bahasa Arab.

 

(Umi Chabibatus Zahro adalah dosen Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita