Jumat, 23/02/2024, 15:39:32
Mahasiswa KKN Edukasi Masyarakat Dengan Seminar Kewirausahaan dan Pendaftaran Sertifikat Halal
Oleh: Tim Mahasiswa KKN

MAHASISWA KKN Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes baru-baru ini menyelenggarakan sebuah seminar kewirausahaan di desa Songgom Lor yang bertujuan untuk meningkatkan kewirausahaan dan pendaftaran sertifikat halal produk UMKM di daerah tersebut.

Pada Minggu, 18 Februari 2024 tepatnya di balai desa Songgom Lor, kegiatan seminar kewirausahaan dan pendaftaran sertifikat halal tersebut diselenggarakan oleh mahasiswa KKN Universitas Peradaban Bumiayu.

Seminar Kewirausahaan dan Pendaftaran Sertifikat Halal yang dilakukan Mahasiswa KKN Universitas Peradaban Bumiayu ini dihadiri oleh para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di desa Songgom Lor, serta masyarakat sekitar.

Seminar kewirausahaan dan Pendaftaran Sertifikat halal ini mencakup beragam topik yang berkaitan dengan pengembangan usaha UMKM, seperti strategi pemasaran, manajemen keuangan, dan pengembangan produk.

Mahasiswa KKN Universitas Peradaban sendiri menyelenggarakan kegiatan tersebut dengan meninjau berbagai aspek kebutuhan Masyarakat desa Songgom Lor.

Selain itu, para peserta seminar juga diajarkan tentang pentingnya sertifikasi halal dalam menjual produk UMKM agar bisa lebih diterima oleh konsumen yang memperhatikan aspek kehalalan pada produk yang mereka konsumsi.

Ketua KKN Desa Songgom Lor Universitas Peradaban Bumiayu, Rio Listianto mengungkapkan bahwa Pendaftaran sertifikat halal ini sangat penting dan saya rasa akan bermanfaat bagi para pelaku usaha dan pemilik UMKM dalam pengembangan bisnisnya.

Dalam seminar kewirausahaan ini mahasiswa KKN Universitas Peradaban Bumiayu mengundang langsung Afdhal Izzarrahman yang merupakan seorang pendamping Sertifikat Halal Badan Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI.

Acara tersebut juga dihadiri oleh perangkat desa yang turut menyambut kegiatan yang diadakan mahasiswa KKN Universitas Peradaban itu dengan sangat baik. Dimulai dengan sambutan dari perangkat desa dan ketua KKN Universitar Peradaban dan dilanjut dengan pengisian materi terkait Seminar Kewirausahaan dan Pendaftaran Sertifikat Halal.

Setelah menjelaskan poin-poin pengetahuan tentang kewirausahaan dan sertifikasi halal, para peserta seminar juga diberikan contoh-contoh yang relevan agar poin-poin tersebut mudah dipahami.

Setelah sesi seminar selesai, para peserta juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan bertanya langsung kepada Afdhal Izzarahman tentang topik kewirausahaan dan sertifikasi halal.

Selain itu, para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah di desa Songgom Lor juga diberikan kesempatan untuk mendaftarkan produk-produk mereka untuk mendapatkan sertifikat halal dengan melalui proses yang dipandu oleh Pemateri dan mahasiswa KKN Universitas Peradaban Bumiayu.

Seminar kewirausahaan dan pendaftaran sertifikat halal produk UMKM Desa Songgom Lor oleh Mahasiswa KKN Universitas Peradaban Bumiayu ini mendapat sambutan yang sangat baik dari para pelaku usaha dan masyarakat setempat.

Kegiatan ini dapat membantu para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah untuk meningkatkan penjualan produk mereka dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat desa Songgom Lor secara keseluruhan.

Semoga kegiatan serupa dapat terus diadakan dan bermanfaat bagi masyarakat di daerah lainnya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita