Jumat, 23/02/2024, 14:23:43
KKN, Mahasiswa UP Turut Serta Dalam Kegiatan Pekan Imunisasi Nasional Polio
Oleh: Tim KKN Mahasiswa UP

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

MAHASISWA KKN Universitas Peradaban (UP) Bumiayu, Kabupaten Brebes mengikuti kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di 5 posko posyandu yang ada di desa Danaraja, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal. 

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) adalah pekan dimana setiap balita termasuk bayi baru lahir yang bertempat tinggal di Indonesia diimunisasi dengan vaksin polio, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

Di desa Danaraja kegiatan PIN diadakan setiap satu bulan sekali, bertempat di 5 posko posyandu. Sasarannya adalah balita sampai dengan anak-anak yang berusia 7 tahun. 

Tim KKN sejumlah 10 mahasiswa kemudian dibagi ke dalam 5 posko yang ada, diantaranya: posko melati, posko anggrek, posko mawar, posko kenanga dan posko kamboja, Jum'at 23 Februari 2024.

Kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB. Diawali dengan pendataan diri kemudian dilakukan pengukuran berat badan dan tinggi badan anak untuk selanjutnya diberikan 2 tetes imunisasi oleh bidan yang bertugas. 

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi resiko penularan virus polio yang datang dari luar, selain itu juga untuk memastikan bahwa tingkat kekebalan masyarakat terhadap penyakit polio cukup tinggi dan memberikan perlindungan optimal dan merata pada balita terhadap kemungkinan munculnya kasus polio," tutur bidan yang bertugas, Ibu Ririh.

 

(Tim KKN: Dita Novita Sari, Yovita Dwi Akhiri, M. Ikmal Khoirul Umam, Destriana Fitria Ramadanti, Azka Akmalul Birri, Ade Endri Lesmana, Tantry Anggun Prameswari, Nurhayati, Fany Rachmayanti, Desi Yuliantika)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita