Kamis, 22/02/2024, 22:06:07
Mahasiswa UP Bumiayu yang KKN di Desa Danaraja Kunjungi Situs Cagar Alam Sumur Duren
Oleh: Tim KKN Mahasiswa UP

(Tim KKN: Dita Novita Sari, Yovita Dwi Akhiri, M. Ikmal Khoirul Umam, Azka Akmalul Birri, Ade Endri Lesmana, Destriana Fitria Ramadanti, Tantry Anggun Prameswari, Fanny Rahmawati, Nurhayati, Desi Yuliantika)

MAHASISWA Universitas Peradaban (UP) Bumiayu, Kabupaten Brebes yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Danaraja, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal, mengunjungi salah satu cagar alam yang ada di Desa Danaraja bernama "Sumur Duren"

Konon Sumur Duren dikenal sebagai sumur keramat dan menurut warga sekitar seringkali banyak orang berdatangan ke sumur tersebut, terutama pada malam Jum'at Kliwon untuk mandi di sumur keramat tersebut.

Maka dari cerita masyarakat, kami mahasiswa KKN ingin mengetahui lebih dalam tentang sejarah sumur duren.

Menurut juru kunci kenapa disebut sebagai "Sumur Duren" di sumur tersebut ada dua pohon duren yang mengelilingi sumur tersebut, lalu kenapa banyak orang-orang yang berdatangan di Sumur duren karena banyak orang meyakini bahwa ketika mandi di sumur tersebut cepat diberikan jodoh atau pasangan asalkan melakukan ritual yang dijelaskan oleh juru kunci.

Juru kunci juga bercerita tentang Ratu Kalinyamat yang bertapa di Sumur Duren gunung Sironggeng yang berpindah tempat ke gunung anjing sebelah timur.

"Sumur tersebut memiliki keistimewaan karena adanya ratu Kalinyamat yang bertapa di situ," ucap sang juru kunci

Itulah salah satu cerita sejarah dari cagar alam yang kami kunjungi di desa Danaraja Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal.

 

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita