Kamis, 22/02/2024, 21:39:50
KKN, Mahasiswa UP Kunjungi Makam Syeikh Maulana Maghribi dan Syeikh Jambu Karang
Oleh: Tim KKN Mahasiswa UP

(Tim KKN di Desa Danareja: Dita Novita Sari, Yovita Dwi Akhiri, M. Ikmal Khoirul Umam, Azka Akmalul Birri, Ade Endri Lesmana, Destriana Fitria Ramadanti, Tantry Anggun Prameswari, Fanny Rahmawati, Nurhayati, Desi Yuliantika)

PADA kesempatan kali ini, Mahasiswa KKN Universitas peradaban (UP) Bumiayu, Kabupaten Brebes yang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Danaraja, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal, melaksanakan kegiatan keagamaan yakni ziarah kubur ke makam Syeikh Maulana Maghribi dan Syeikh Jambu Karang yang terletak di Desa Danaraja. 

Ziarah kubur merupakan kegiatan menziarahi, menengok atau mengunjungi makam untuk berkirim do'a. Sama halnya seperti yang dilakukan oleh tim KKN Universitas Peradaban.

Kegiatan ini dilakukan pada Kamis malam Jum'at, 22 Februari 2024. Dimana konon malam Jum'at merupakan malam baik untuk melakukan kegiatan ziarah kubur.  

Tim KKN yang berjumlah 9 orang mendatangi makam dan melakukan sedikit bincang dengan sang juru kunci guna meminta izin sebelum masuk ke dalam makam yang dijaga ketat dengan adanya pintu masuk yang cukup pendek dan terkunci. 

Setelah masuk ke makam tersebut, tim KKN melakukan tahlil dan do'a bersama untuk kedua makam yang ada dalam ruangan tersebut yang dipimpin oleh salah satu mahasiswa KKN, Ikmal Khoirul Umam. 

"Syeikh Jambu Karang dulunya adalah seorang yang beragama Budha. Lalu diislamkan oleh Syeikh Maulana Maghribi yang kebetulan menyiarkan agama Islam di pelosok Desa Danaraja," terang sang juru kunci, Mbah Fathuri. 

Setelah keluar dari makam tersebut, kami tim KKN disambut dengan warga sekitar khususnya anak-anak guna melakukan tradisi di makam tersebut, dimana ketika ada peziarah selesai melakukan ziarah kubur, maka dianjurkan untuk melakukan "Saweran". 

Saweran tersebut dilakukan dengan menyebar/menabur uang logam yang nantinya dijarah oleh anak-anak tersebut.

 

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita