Kamis, 22/02/2024, 11:16:58
KKN Mahasiswa UP Gelar Workshop Budidaya Tanaman Hidroponik di Desa Tanggeran
Oleh: Tim KKN dan Sarah Dien Hawa, S.E., M.Si

Tim KKN Universitas Peradaban Bumiayu gelar Workshop Budidaya Tanaman Hidroponik yang dilaksanakan di Desa Tanggeran Kecamatan Tonjong, Selasa 20 Februari 2024. Desa Tanggeran merupakan salah satu desa di Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes yang memiliki sumber daya alam yang melimpah, terutama sumber daya air. Salah satu potensi yang dimiliki oleh Desa Tanggeran yakni potensi di bidang pertanian. Kebanyakan masyarakat di Desa Tanggeran bermata pencarian sebagai petani, yang masih menggunakan teknik tradisonal. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Peradaban hadir untuk memberikan inovasi pertanian modern yaitu dengan mengadakan Workshop Budidaya Tanaman Hidroponik.

Workshop Budidaya Tanaman Hidroponik merupakan pelatihan mengenai teknik bercocok tanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah sebagai media dan tidak memerlukan lahan yang luas, sehingga sistem bercocok tanam secara hidroponik dapat memanfaakan lahan yang sempit. Oleh karena itu, sasaran dari program Workshop Budidaya Tanaman Hidroponik ini yakni Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Tanggeran, Kecamatan Tonjong.

Pertanian dengan menggunakan sistem hidroponik memang tidak memerlukan lahan yang luas, hal ini dapat dilakukan di halaman rumah, atap rumah, maupun lahan sempit lainnya. Pembuatan media tanam hidroponik tidak terlalu sulit, begitu juga dengan bahan-bahan yang digunakan. Secara teknis pembuatan media tanam hidroponik sangat mudah serta bahan yang digunakan mudah untuk didapatkan.

Hidroponik memiliki beberapa sistem, namun tidak semua sistem mudah untuk di praktikkan. Salah satu sistem hidroponik yang mudah di praktikkan untuk pemula yaitu sistem Wick. Sistem Wick merupakan cara sederhana untuk menanam hidroponik yang cocok diterapkan bagi pemula. Oleh karena itu, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Peradaban memilih Sistem Wick untuk diterapkan dalam Workshop Budidaya Tanaman Hidroponik ini. Harapan dari Workshop Budidaya Tanaman Hidroponik ini, yaitu sasaran dan masyarakat dapat melanjutkan serta membudidayakan tanaman hidroponik yang sudah di praktikkan secara langsung.

(Tim Mahasiswa KKN Desa Tanggeran: Adini Nur Abidah, Adnin Muflikhudin, Andien Sidkin Allya, Chanisah Maulia, Dian Fibrianto, Dwiana Indriyani, Inggit Pebriyanti, Mayang Rosa, Nabilah Sukma Juremi dan Zainuna Almas Atika. Dosen Pembimbing Lapangan: Sarah Dien Hawa, S.E., M.Si.)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita