Rabu, 21/02/2024, 05:22:38
Mahasiswa KKN UP Ajak Siswa MI Al-Wathaniyah 02 Songgom Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut
Oleh: Heksa Dwi Hanifah & Risqiah Nurul Istiqomah

(Foto: Heksa Dwi Hanifah & Risqiah Nurul Istiqomah) 

KESEHATAN gigi dan mulut merupakan sebuah hal yang penting yang perlu diajarkan sejak dini. Kemenkes (2012) mengutip dari WHO, pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut merupakan upaya yang dapat meningkatkan kesehatan karena hal tersebut dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit rongga mulut. 

Kesehatan gigi dan mulut merupakan faktor penting bagi tumbuh kembang anak. Gigi yang sehat memungkinkan anak untuk mengunyah makanan dengan baik, sehingga nutrisi yang dibutuhkan tubuh dapat tercukupi. 

Gigi pada anak-anak rentan mengalami kerusakan. Penyebabnya karena aktivitas mengunyah yang berlebihan, paparan gula yang tinggi dari makanan dan minuman manis, serta kurangnya perawatan gigi yang baik sehingga menyebabkan masalah kesehatan gigi seperti gigi berlubang hingga kehilangan gigi dini yang dapat mempengaruhi kualitas hidup anak-anak. Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi sejak dini sangat penting.

Team KKN Universitas Peradaban (UP) Kabupaten Brebes kelompok Desa Songgom, melakukan kegiatan penyuluhan mengenai kesehatan gigi dan mulut pada anak.

Kegiatan dilaksanakan di MI Al-Wathaniyah 02 Songgom, Kabupaten Brebes yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran para siswa tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Kegiatan tersebut di ikuti oleh kelas 4 dan 5 MI Al-Wathaniyah 02 Songgom. Mahasiswa KKN membuka sesi dengan memberikan penjelasan mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi melalui presentasi interaktif. 

Materi penyuluhan meliputi fungsi gigi, cara menyikat gigi yang benar, dan penyebab kerusakan gigi. Kemudian dilanjutkan dengan praktik menyikat gigi bersama. Mahasiswa KKN juga membantu para siswa untuk mempraktikkan cara menyikat gigi yang baik dan benar.

Manfaat Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut: Menjaga kesehatan gigi dan mulut mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat tersebut antara lain:

-Senyum Cemerlang: Gigi yang sehat dan bersih akan membuat senyum anak-anak terlibat lebih cerah dan menarik. Senyum yang indah dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam berinteraksi dengan orang lain.

-Mencegah Rasa Sakit: Dengan merawat gigi secara teratur, anak-anak dapat terhindar dari rasa sakit akibat gigi berlubang atau peradangan gusi.

-Nafas Segar: Mulut yang bersih dan bebas dari sisa-sisa makanan akan mengurangi risiko bau mulut yang tidak sedap.

-Pencegahan Masalah Kesehatan: Mulut yang sehat dapat mencegah masalah kesehatan yang lebih serius di kemudian hari, seperti peradangan gusi, infeksi, dan bahkan penyakit jantung. 

Kegiatan penyuluhan kesehatan gigi ini merupakan salah satu bentuk kontribusi Universitas Peradaban dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, khususnya di wilayah Brebes.

Diharapkan dengan kegiatan ini, para siswa MI Al-Wathaniyah 02 Songgom dapat memiliki kebiasaan baik dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka sejak dini. Dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini, anak-anak akan terhindar dari berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut di masa depan.

(Heksa Dwi Hanifah Prodi Ilmu Komunikasi dan Risqiah Nurul Istiqomah Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Peradaban, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita