Selasa, 13/02/2024, 16:43:20
Cerita Ketua PPS Desa Pengarasan Distribusi Logistik Pemilu Lewati Gunung Hingga Sebarangi Sungai
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

PanturaNews (Brebes) - Di sebuah desa terpencil di pedalaman, tepatnya di lereng gunung yang rimbun, terdapat seorang petugas PPS (Panitia Pemungutan Suara) yang bernama Maman Faturrohman,

Tugasnya adalah mengorganisir distribusi logistik untuk pemilihan umum yang akan datang. Namun, medan yang harus dilaluinya sangatlah sulit.

Dengan mendapat pengawalan ketataparat kepolisian dan TNI Koramil 12 Bantarkawung, Kodim 0713 Brebes, Korem 071 Wijayakusuma, Ketua PPS Desa Pengarasan itu, mendistribusikan kotak suara ke lokasi terjauh di dukuh Cisaat, Desa Pengarasan, Kecamatan Bantarkawung, Brebes, Jawa Tengah, Selasa 13 Februari Februari 2024.

Sebanyak 5 kotak surat suara 2024 itu dibawa dengan menggunakan perahu yang menempuh jarak waktu selama 10 menit menyebrang sengan perahu. 

Ketua PPS Desa Pengarasan, Maman Faturrohman menyampaikan, distribusi kotak surat suara Pemilu 2024 ke Dukuh Cisaat, Desa Pengarasan merupakan radius terjauh di Kabupaten Brebes Selatan. Pasalnya, akses distribusi harus melewati jalur gunung dan sungai dan berjalan kurang lebih 6 kilometer.

"Alhamdulillah selama dua bulan lebih kita berjibaku menyelesaikan logistik ini. Dalam pemetaan awal kita, logistik dengan radius terjauh itu kita kirim H-2, namun dengan medan dan geografis Kecamatan Bantarkawung yang luas. Inilah daerah yang paling jauh radiusnya karena harus nyebrang menggunakan perahu," kata Maman. 

Maman Faturrohman menuturkan, pemilihan presiden dan pileg di Bantarkawung diharapkan bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, lanjut Maman Faturrohman, pihaknya juga berharap agar cuaca pada hari pemungutan suara besok pada Rabu (14/2/2024) tidak mengalami kendala berarti.

"Harapan kita semoga proses pemilu khusus di Bantarkawung ini bisa berjalan dengan lancar terutama di dukuh Cisaat," kata Maman Faturrohman. 

Sementara Babinsa Serda Eko Sutrisno mengatakan, pihaknya telah melakukan pengamanan dan pengawalan logistik pemilu dari gudang logistik KPU ke tempat terjauh dengan kondisi selamat. 

“Hari ini saya bersama rekan Bhabinkamtibmas, dan panitia melaksanakan kegiatan pengawalan hingga ke Dukuh Cisaat menyebrangi Sungai Pemali dan berjalan kaki. Hingga tiba di TPS 44, dalam keadaan aman dan lancar,” kata Eko Sutirsno. 


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita