Rabu, 07/02/2024, 17:22:42
Masa Tenang Kampanye 11- 13 Februari. Peserta Pemilu Tidak Tertibkan APK Bakal Disanksi
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

PanturaNews (Brebes) - Dalam upaya menjaga suasana yang kondusif dan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memilih secara tenang, para peserta pemilu dan stakeholder terkait telah mencapai kesepakatan bersama untuk menghormati hari tenang masa kampanye menjelang Pemilu 2024, khususnya terkait penertiban Alat Peraga Kampanye (APK).

Kesepakatan ini dihasilkan setelah serangkaian rapat koordinasi Pengawasan Pemungutan, Perhitungan, dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara yang di gelar oleh Bawaslu Kabupaten Brebes, di Grand Dian Hotel Brebes, Rabu 7 Februari 2024.

Tujuan utama dari kesepakatan ini adalah untuk memastikan bahwa masyarakat memiliki waktu yang cukup untuk mempertimbangkan pilihan mereka tanpa adanya gangguan kampanye politik yang berlebihan pada hari terakhir sebelum pemungutan suara.

Dalam kesepakatan tersebut, Bawaslu Kabupaten Brebes berharap semua pihak sepakat untuk menahan diri dari melakukan kampanye politik di media sosial, ruang publik, dan media massa pada hari terakhir masa kampanye. 

Larangan juga berlaku untuk segala bentuk penggalangan massa atau kegiatan politik yang berpotensi mengganggu ketertiban umum.

Sekda Pemkab Brebes, Djoko Gunawan mengatakan, kesepakatan tersebut adalah bentuk komitmen bersama untuk menjaga integritas dan kredibilitas proses demokrasi. 

"Kami mengharapkan semua pihak dapat menghormati hari tenang masa kampanye dan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memilih secara bijaksana," ujar Djoko Gunawan.

Selama rapat, dibahas berbagai aspek teknis dan logistik pengawasan, termasuk pelaporan hasil pengawasan, penanganan pelanggaran, serta koordinasi dengan aparat penegak hukum yang disampaikan oleh narasumber, Moh. Maskurudin dari Direktur Akademi Pemilu dan Demokrasi (APD).

Para peserta rapat juga diberikan pemahaman mendalam tentang peraturan dan prosedur pengawasan yang harus diikuti selama proses pemilu.

Adapun bunyi kesepakatan bersama yang di tandatangani oleh Bawaslu Kabupaten Brebes, KPU, Sekda Brebes, Kepala Badan Kesbangpol, Dishub dan Satpol PP Brebes tentang penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) di masa tenang Pemilu tahun 2024. 

Berikut hal-hal yang telan disepakati :

1. Bahwa berdasarkan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang Pemilu tahun 2024, masa tenang akan dimulai pada tanggal 11 s.d 13 Februari 2024;

2. Bahwa Peserta Pemilu 2024 di Kabupaten Brebes akan menertibkan APK secara mandiri paling lambat sampai dengan tanggal 11 Februari 2024 Pukul. 23.59 WIB;

3. Apabila sampai pada tanggal 12 Februari 2024 Pukul. 00.00 WIB Peserta Pemilu tidak menertibkan APK yang terpasang, maka akan diberikan sanksi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Demikian kesepakatn bersamaini dibuat.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita