Minggu, 21/01/2024, 18:46:15
20 Perguruan Tinggi Negeri Ternama Ikuti Tegal Expo Campus di GOR Wisanggeni
LAPORAN JOHARI

Ketua Ikasma Tegal, Dr Tafakurrozak di stand PKTJ Tegal

PanturaNews (Tegal) - Sebanyak 20 kampus perguruan tinggi negeri (PTN) ternama membuka stand di GOR Wisanggeni, Kota Tegal, bertajuk 'Tegal Expo Campus', Minggu 21 Januari 2024.

Kegiatan tahunan Tegal Expo Campus, hasil kerja sama anatara Ikatan Alumni SMA 1 (Ikasma) Tegal dengan Tegal Learning Center (TLC) yang mengangkat tema Adventure For Our Future. Dihadiri ratusan siswa-siswi SMA dan sederajat dari Kota Tegal, Brebes, Slawi dan Pemalang.

Ketua Ikasma Tegal, Dr Tafakurrozak mengatakan, Ikasma dan TLC setiap tahun menggelar Tegal Expo Campus, guna mencerdaskan kehidupan bangsa. Dan dalam memilih perguruan tinggi haruslah dengan hati nurani.

"Diterima dimanapun, maka itulah yang terbaik dari Tuhan. Jadi jangan minder, karena Tuhan memberikan yang terbaik bagi hambanya," ujarnya.

Termasuk ketika memasuki dunia kerja jangan dibutakan dengan keduniawian hingga melupakan akhirat. Sebab dengan memikirkan nilai-nilai akhirat maka dunia akan semakin mengiringinya.

"Ada teman saya lulus dari perguruan tinggi pavorit, ternyata setelah lulus dan bekerja tidak sesuai yang dikehendaki, itulah yang dinamakan takdir," ungkapnya.

Perwakilan Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng, Wilayah XI Tegal Slamet Riyadi MPd menuturkan bahwa memilih perguruan tinggi, ikuti sesuai hati nurani, bukan sekedar ikut-ikutan teman. 

"Memilih perguruan tinggi harus selektif dan disesuaikan dengan kondisi, terkait dengan berbagai hal mengenai pembiayaan. Termasuk berbagai jalur seleksi bea siswa," kata Slamet Riyadi.

Ketua Pelaksana Tegal Expo Campus Ilham Fikri Maulana mengatakan, sebanyak 25 stand disediakan di indoor GOR Wisanggeni, terdiri dari 20 stand dari berbagai perguruan tinggi, dan 5 stand sisanya untuk UMKM, sponsor dan stand informasi beasiswa.

Sebanyak 950 peserta yakni siswa-siswi setingkat SMA dari Brebes, Tegal, Slawi, dan Pemalang hadir untuk mencari informasi perguruan tinggi yang mereka minati.

Diantaranya ada dari ITB, UNSOED, UIN Walisongo, STAN, PKTJ, UI, UNNES, UNDIP, UMS, UNAIR, UGM dan lain-lainnya.

Ketua Tegal Learning Center (TLC) Diva Kanigara menuturkan bahwa expo yang digelar merupakan kegiatan rutin kolaborasi dengan Ikasma Tegal.

TLC sendiri merupakan wadah mahasiswa-mahasiswi Tegal agar bisa memberikan informasi terkait perguruan tingginya. Sehingga mereka adik-adik kelas yang akan meneruskan ke jenjang perkuliahan bisa mendapatkan informasi detail.

"Sebab kurangnya referensi dan informasi, bisa menyebabkan siswa bingung dalam memilih kampus dan jurusan yang dikehendaki hal itu mengakibatkan salah melangkah, yang pada akhirnya merasa tidak pas atau tidak sesuai keinginan," tandasnya.

 

 

 

 


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita