Selasa, 16/01/2024, 07:01:37
PMR SMA 1 Tegal Ikuti Pelatihan Bantuan Hidup Dasar. Ini Manfaatnya
LAPORAN JOHARI

Praktek menolong orang pingsan

PanturaNews (Tegal) - Palang Merah Remaja (PMR) SMA Negeri 1 Tegal, mengikuti pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD), di Aula SMA Negeri 1 Kota Tegal, Senin 15 Januari 2024.

Pemateri langsung oleh dr Wikanti Deviantari yang juga alumni SMA Negeri 1 Kota Tegal.

Ketua Umum IKASMA Tegal Dr Tafakurrozak yang hadir membuka pelatihan tersebut mengatakan, pelatihan dasar yang diberikan adalah untuk mempertajam kemampuan dan keahlian para siswa-siswi ekskul PMR di SMA Negeri 1 Kota Tegal.

"Meskipun secara basic mereka sudah memiliki bekal penanganan namun di pelatihan ini lebih fokus diajarkan mengenai Bantuan Hidup Dasar (BHD)," kata Dr Tafakurrozak.

Menurutnya, sebagai upaya pertolongan pertama ketika menemui atau menjumpai kegawatdaruratan seperti orang sesak nafas, tersedak, jantung dan orang tenggelam.

Sehingga para peserta sudah memiliki kesigapan dan keahlian penyelamatan.

"Keahlian ini bisa bermanfaat tidak hanya di sekolah tetapi di lingkungan masyarakat atau dimanapun berada," ujarnya.

Tafakurrozak berharap para peserta juga bisa menularkannya kepada generasi selanjutnya.

Hartati dari salah satu siswa PMR SMA Negeri 1 mengatakan, dengan adanya pelatihan seperti ini bisa memberikan pengetahuan dan wawasan kepada siswa PMR.

Sebab, biasanya pelatihan hanya sebatas pengetahuan dasar pertolongan saja. Tetapi dengan pelatihan ini siswa menjadi lebih tahu secara detail tentang pertolongan pertama ketika menjumpai orang sesak nafas, jantung, tersedak maupun tenggelam.

dr Wikanti Deviantari selaku pemateri tentang Bantuan Hidup Dasar mengungkapkan bahwa keahlian ini perlu dimiliki siswa-siswi PMR sehingga ketika menjumpai kegawatdaruratan tersebut bisa segera menanganinya.

Selain teori, pelatihan juga dibarengi dengan praktek langsung, dibantu dari rekan-rekan PSC 119 Kota Tegal.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita