Sabtu, 16/12/2023, 19:23:10
Istri Ketua DPRD Kota Tegal Banting Setir, Dari Bisnis Filet Ikan ke Ritail. Ini Alasannya
LAPORAN JOHARI

Launching Sulthan Raja Mart, toko Sembako dan Frozen Food di Jalan Brawijaya No. 63 Kel. Muarareja

PanturaNews (Tegal) - Pasca dihantam covid19, yang membuat sendi-sendi perekonimian secara nasional terpuruk. Tak sedikit pengusaha lokal maupun nasional gulung tikar termasuk usaha filet ikan milik istri Ketua DPRD Kota Tegal, Ny Cariti Kusnendro, juga terdampak.

Bisnis yang telah digeluti selama 20 tahun, kini lesu akibat covid19. Permintaan filet ikan berhenti bahkan pembayaran dari konsumen juga tidak lancar, akhirnya ia memutuskan untuk banting setir dan beralih ke bisnis ritail.

Rupanya Ny Cariti Kusnendro, adalah benar-benar wanita karier berjiwa bisnis yang tidak mau berpangku tangan, hanya mengandalkan gaji dari suami sebagai Ketua DPRD. 

Setelah bisnis filet ikan tutup, kini beralih membuka sebuah toko sembako (kebutuhan pokok) dan frozen food (makanan beku) di Jalan Brawijawa No 64, Kelurahan Muarareja, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, yang dilaunching pada Sabtu 16 Desember 2023 pagi.

Toko yang diberi nama Sulthan Raja Mart ini diambil dari nama anak-anaknya yakni Sulthan dan Raja. Mini market ini bertempat di bekas rumah tinggalnya yang disulap menjadi mini market dan siap melayani warga Muarareja dan sekitarnya.

Ditemui disela-sela pembukaan, Ny Cariti Kusnendro mengatakan, bahwa dirinya ingin mencoba membuka usaha kebutuhan pokok dan frozen food di wilayah Kelurahan Muarareja agar bisa memberikan kemudahan masyarakat mendapatkan sembako maupun frozen food dengan harga yang lebih terjangkau.

Kebutuhan pokok yang dijual mulai dari beras, gula pasir, minyak sayur, mie instan dan berbagai jenis bumbu. Sedangkan frozen food mulai dari produk frozen olahan ikan, daging ayam, daging sapi dan sejenisnya. Khusus untuk frozen food, ia menuturkan sudah bermitra dengan sejumlah distributor, karenanya harganya jauh lebih terjangkau.

Perihal usaha ikan dan filetnya, Ny Cariti mengungkapkan bahwa toko yang baru dibuka tersebut sebagai bisnis tambahan saja. Jadi saat bisnis ikan tengah lesu, maka bisa ditutup dengan bisnis tokonya.

Dihari pertamanya membuka toko, Ny Cariti memberikan promo khusus, mulai dari diskon hingga pembelian 2 gratis 1.

Sementara sang suami, Kusnendro yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Tegal mendukung usaha yang dilakukan isterinya. Dan mendukung kepada siapa saja yang membuka usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Tegal. Karena telah terbukti UMKM ada sendi ekonomi masyarakat kecil yang tahan banting meski sedang krisis seperti covid kemarin.

"Intinya saya sebagai suami setuju dan mendorong apa yang dilakukan istri, karena dia memang punya jiwa bisnis. Dan sekarang bisnis yang berbasis UMKM. Soal tempat itu sebenarnya rumah lama, daripada tidak terpakai maka dilakukan rehab, dan dibuat untuk toko. Jadi biar tetap bermanfaat daripada kosong,' ujarnya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita