Jumat, 15/12/2023, 23:04:05
Gempa Bumi Guncang Brebes.Warga Berlarian, Satu Rumah Dilaporkan Roboh
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Salah satu rumah warga di Kecamatan Bantarkawung dilaporkan roboh akibat kena dampak getaran gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,5. (Foto: Ist)

 

PanturaNews (Brebes) - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,5 terjadi di Kabupaten Brebes, Tegal, Jawa Tengah dan sekitarnya, Kamis 15 Desember 2023, sekitar pukul 21.25 WIB.

Sejumlah warga yang merasakan guncangan gempa berlarian keluar rumah. Mereka berkumpul di tempat yang lapang.Yanti (50), adalah salah satunya. 

"Gempa besar sekali. Saya langsung keluar rumah,kumpul sama warga lainnya," kata warga Dukuhturi, Kecamatan Bumiayu itu.

Guncangan gempa juga dirasakan warga di Kecamatan Salem.

"Kencang banget guncangannya. Warga berlarian keluar rumah," kata Kustono. 

Menurut Kustono, akibat guncangan gempa itu, rumah milik warga Desa Kadu Manis retak retak.

Sementara itu, di Kecamatan Bantarkawung, tepatnya di Ciheleut Desa Sindangwangi, sebuah rumah dilaporkan roboh akibat guncangan gempa. 

Kasi Trantib Kecamatan Bantarkawung, Suranto mengaku masih melakukan monitor pasca guncangan gempa.

"lya ada info itu. Kami akan lakukan pengecekan," jelasnya.

Sementara, hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,5. Episenter terletak pada koordinat 7.15 LS dan 108.86 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 34 km Barat Daya KAB-TEGAL-JATENG pada kedalaman 10 km.  

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Demikian keterangan resmi Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto, ST, MM, Jumat 15 Desember 2023 malam.

Menurut Hartanto, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cirebon dengan Skala Intensitas III MMI. 

Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), di Tegal, Brebes, Banjar dengan Skala Intensitas II - III MMI. Selain itu, getaran juga dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang getaran dirasakan nyata dalam rumah. 

Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu, di Subang dengan Skala Intensitas II MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

"Hingga pukul 21:50 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan," katanya.

Kepada masyarakat ia menghimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG), website (http://bbmkg2.bmkg.go.id/ atau http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita