Senin, 11/12/2023, 23:05:37
Soal Pemberdayaan UMKM, Elang Merayu Sukma: Permudah Perijinan, Tingkatkan Pelatihan
LAPORAN SL. GAHARU

Calon Anggota DPRD Kota Tegal Nomor 4 Dapil Kecamatan Tegal Barat dari PKS, Elang Merayu Sukma, S.KM. (Foto: Dok/Gaharu)

…program yang bisa digagas, adalah membangun inkubasi bisnis UMKM…

PanturaNews (Tegal) - Calon Anggota DPRD Kota Tegal Nomor 4 Dapil Kecamatan Tegal Barat dari PKS, Elang Merayu Sukma, S.KM punya empat program aspirasi masyarakat yang akan diperjuangankan ketika duduk di kursi legislative.

Dari empat program seperti Pendidikan, BPJS, Pelatihan Ketrampilan, dan yang menjadi prioritasnya adalah pemberdayaan dan peningkatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khusus di Kota Tegal.

“Karena saya terlahir dari UMKM, maka masalah ini akan menjadi prioritas yang akan saya perjuangkan di dewan,” ujar Mas Elang, sapaan akrabnya, Senin 11 Desember 2023.

Menurut Elang Merayu Sukma, untuk meningkatkan UMKM agar pengurusan perijinan-perijinan dipermudah. Seperti halnya untuk mendapatkan sertifikat halal, memperbanyak pelatihan seperti bagaimana membuat kemasan yang menarik sehingga bisa ekspor.

“Karena saya basicnya UMKM, teman-teman komunitas yang jumlahnya ratusan punya banyak keluhan-keluhan, saya tampung dan akan saya perjuangkan,” tuturnya.

Soal Pendidikan, Mas Elang mencontohkan diantaranya program PIP kalau bisa diperluas. Semua mengajukan, tidak usah kluster-kluster. Dan soal BPJS gratis, menurutnya sekarang banyak yang nunggak, tidak bisa dirawat.

“Masyarakat mintanya kalau sudah ada SKTM, BPJS-nya dapat yang KIS atau PBI,” terangnya.

Program Mas Elang yang tak kalang pentingnya, yaitu menggalakan pelatihan ketrampilan anak-anak muda. Jadi anak-anak muda Kota Tegal itu bisa kreatif, punya ketrampilan, bisa menghasilkan uang sendiri.

“Untuk itu, Lembaga Pelatihan Kerja atau LPK harus diperbanyak,” tegasnya.

Termasuk, lanjut Mas Elang, pelatihan-pelatihan vokasi. Pemerintah daerah setidaknya bisa memberi subsidi, atau pinjaman lunak. Jadi anak-anak muda yang tidak mampu bisa mengikuti pelatihan.

Diketahui, Elang Merayu Sukma dikenal publik sebagai pengusaha kuliner multibrand. Prinsip yang ia jalani adalah jangan menaruh telur dalam satu keranjang. Maka tak mengherankan, atas prinsip tersebut, dia tidak mengelola satu brand, melainkan lebih dari 20 usaha kuliner.

Atas pretasinya di UMKM ini, Elang Merayu Sukma akan mewujudkan, jika dirinya terpilih nanti sebagai legislator DPRD Kota Tegal.

“Kota Tegal ada harapan bisa menjadi pusat ekonomi baru. Salah satu program yang bisa digagas, adalah membangun inkubasi bisnis UMKM,” tandas Mas Elang.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita