Kamis, 07/12/2023, 15:53:59
Alhamdulillah..IPM Brebes Naik Dua Tangga, Tak Lagi Paling Buncit
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

PanturaNews (Brebes) - Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin menyampaikan berdasarkan Berita Resmi Statistik Badan Pusat Statistik (BPS), Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Brebes mengalami kenaikan dari 67,3 pada tahun 2022 menjadi 69,71 pada 2023.

Urip sangat bersyukur dengan hasil rilis tersebut. Menurutnya, kenaikan IPM menunjukkan program Pemerintah Daerah semakin baik dan dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Alhamdulillah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Brebes naik dari semula 67,3 di tahun 2022 menjadi 69,71 di 2023. Terima kasih atas dukungan semua pihak. Insya Allah kita bisa lebih baik," ujar Urip, Kamis 7 Desember 2023.

Urip juga menyampaikan bahwa kenaikan angka ini berarti bahwa program pemerintah daerah, baik itu program kesehatan, pendidikan, hingga ekonomi semakin meningkat dan dapat dirasakan oleh masyarakat sehingga IPM di Brebes naik.

Data dari Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah menunjukkan, IPM Kabupaten Brebes Tahun 2023 berada pada angka 69,71 meningkat dua tangga di atas Kabupaten Banjarnegara dan Pemalang. Peningkatan poin IPM Kabupaten Brebes bahkan menjadi tertinggi kedua setelah Kabupaten Wonogiri.

IPM dibentuk oleh tiga dimensi dasar, yaitu umur panjang dan hidup sehat (a long and healthy life), pengetahuan (knowledge), dan standar hidup layak (decent standard of living). IPM dihitung berdasarkan rata-rata geometrik indeks kesehatan, indeks pengetahuan dan indeks pengeluaran.

Penghitungan ketiga indeks itu dilakukan dengan melakukan standardisasi dengan nilai minimum dan maksimum masing-masing komponen indeks. IPM merupakan indikator yang digunakan untuk melihat perkembangan pembangunan dalam jangka panjang.

"Kita harus bekerja lebih keras lagi, peningkatan tahun ini membuktikan bahwa kita bisa. Ke depan kita juga harus lebih baik lagi," tutup Urip.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita