Kamis, 07/12/2023, 15:01:21
Atasi Banjir di Kelurahan Sumur Panggang, DPUR Bangun Pompa Air. Berapa Kapasitasnya?
LAPORAN JOHARI

Uji coba pompa air di Kali Kemiri, Kelurahan Sumur Panggang, Kecamatan Margadana

PanturaNews (Tegal) - Uji coba pompa air di Kali Kemiri, guna mengatasi banjir di Kelurahan Sumur Panggang, Kecamadan Margadana, Kota Tegal, berjalan lancar, Rabu 06 Desember 2023. 

Proyek senilai Rp Rp1.038.590.370 tersebut, sesuai kontrak kerja akan berakhir pada 22 Desember 2023. Dan kini, sudah 84 persen, tinggal finishing rumah pompa.

Plt Kepala DPUPR Kota Tegal Heru Prasetya, mengatakan sesuai dengan kontrak penyelesaian, rumah pompa harus tuntas 22 Desember 2023. 

Menurut Heru, terdapat pembangunan dua rumah pompa yaitu di jalan Banyuwangi Kecamatan Margadana dan di Kelurahan Kaligangsa.

 

"Meski kontraknya hingga 22 Desember, kami terus tetap mendorong kepada konsultan pengawas terutama pihak kontraktornya supaya dipercepat. Minimal pompanya sudah berfungsi. Dan tadi saat uji coba pompa berjalan lancar, air yang keluar sekitar 250 liter perdetik," ujar Heru Prasetya.

Mengingat, sambungnya,saat ini sudah turun hujan, harapannya ketika curah hujan semakin tinggi, permasalahan banjir di kawasan sekitar Kecamatan Margadana bisa teratasi.

"Walaupun belum serah terimakan namun jika memang sangat mendesak, bisa segera digunakan," tandasnya. 

Dijelaskannya, pada pembangunan rumah pompa ini dianggarkan tiga unit mesin pompa dan mendapatkan satu mesin pompa bantuan CSR. 

"Jadi total ada 4 mesin pompa. Masing-masing rumah pompa ditempatkan 2 mesin," jelasnya.

Untuk kapasitas mesin pompa sebesar 250 liter per detik. Jika dinyalakan bersamaan maka d dua unit pompa dapat mendistribusikan air sebesar 500 liter per detiknya.

Heru berharap, setelah adanya rumah pompa permasalahan banjir di wilayah Kecamatan Margadana dan sekitarnya bisa tertangani. 


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita