Kamis, 07/12/2023, 14:57:27
Dorong Produk Desa Mampu Bersaing, Pemdes Gelar Bazar UMKM
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Bazar UMKM Desa Manggis meriah diikuti para pelaku UMKM setempat (Foto: Zaenal Muttaqin) 

PanturaNews (Brebes) - Pemerintah Desa (Pemdes) Manggis, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, dalam upaya memperkuat pemberdayaan ekonomi warga, menggelar Bazar Produk UMKM, Kamis 07 Desember 2023. 

Bazar yang diselenggarakan di halaman Balai Desa setempat tersebut, sebagai langkah konkret dalam meningkatkan perekonomian warga dan mendukung pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di desa tersebut.

"Bazar UMKM ini merupakan bagian dari program pemberdayaan masyarakat yang digagas oleh Pemerintah Desa Manggis." kata Hamdan Hakiki panitia pelaksana Bazar Desa Manggis. 

Tujuan utamanya adalah meningkatkan kesejahteraan warga melalui pengembangan sektor UMKM. Dengan menggelar bazar, Pemdes Manggis berharap dapat mendorong para pelaku UMKM untuk memanfaatkan potensi desa mereka dan menghasilkan produk yang menarik serta memiliki daya saing di pasaran.

"Sebelum pelaksanaan bazar, pemerintah desa telah memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM," ungkap Hamdan yang juga Kaur Kesra Desa Manggis ini. 

Pelatihan ini mencakup berbagai aspek, mulai dari manajemen bisnis hingga peningkatan kualitas produk. Selain itu, sebagai bentuk dukungan lebih lanjut, pemerintah desa juga memberikan bantuan peralatan produksi kepada para pelaku UMKM.

Adanya bantuan peralatan produksi diharapkan dapat memberikan dorongan positif bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan kapasitas produksi mereka. Sehingga, produk yang dihasilkan tidak hanya memenuhi standar kualitas yang tinggi tetapi juga dapat bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

Kepala Desa Manggis, Masruri SAg dalam sambutan pembukaan menyampaikan harapannya agar bazar ini tidak hanya menjadi ajang jual-beli, tetapi juga sebagai wadah untuk membangun jejaring antar-pelaku UMKM dan meningkatkan kolaborasi di tingkat lokal.

"Semangat gotong royong dan kerjasama diharapkan dapat menjadi kunci keberhasilan dalam memajukan ekonomi desa Manggis," katanya.

Melalui langkah-langkah nyata seperti pelatihan, bantuan peralatan produksi, dan penyelenggaraan bazar, Pemdes Manggis menunjukkan komitmennya untuk terus mengembangkan sektor UMKM sebagai motor penggerak ekonomi masyarakat setempat.

Pada bazar tersebut para UMKM menjual berbagai macam panganan hingga minuman, dengan harga yang terjangkau bagi para pengunjung untuk dinikmati.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita