Jumat, 22/09/2023, 13:57:59
Aksi Relawan Peduli Hutan Lindung Dihadang Sejumlah Warga
LAPORAN TIM PANTURANEWS

Sejumlah warga berkumpul di jalan saat kegiatan aksi peduli hutan lindung (Foto: Screnshot) 

PanturaNews (Brebes) - Aksi peduli hutan lindung sisi barat Gunung Slamet wilayah Desa Dawuhan Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes Jawa Tengah, pada Kamis 21 September 2023 yang dilakukan para relawan dan masyarakat, dihadang warga perambah.

Sejumlah peserta aksi peduli yang terdiri para relawan ini, menjadi korban persekusi yang diduga dilakukan warga perambah hutan.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, aksi peduli lingkungan dilakukan karena prihatin dengan kondisi kerusakan kawasan hutan lindung yang berubah menjadi lahan tanaman sayuran. 

Aksi peduli hutan lindung diikuti oleh sejumlah relawan dari BPBD, Tagana, MDMC, UAR, kelompok aktivis lingkungan dan masyarakat. Aksi peduli juga diikuti Camat Sirampog Rade Andriana Younansyah, Pj Kades Dawuhan, Abdul Kholik, personel Perhutani, Koramil dan Polsek Sirampog. 

Berdasarkan video yang beredar di media sosial, para peserta aksi peduli lingkungan dihadang oleh sejumlah warga yang merasa terganggu dengan kegiatan aksi peduli tersebut. 

Sejumlah relawan mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dan dipersekusi. Bahkan Camat Sirampog juga dikabarkan sempat tersandera dan hingga terjadi mediasi dengan warga. 

Beruntung ada tokoh masyarakat setempat yang membantu menenangkan warga yang sebelumnya terprovokasi sehinga terkendali dan para relawan dapat kembali. 

Sementara itu pada Jumat 22 September 2023 dilakukan rapat evaluasi di Kantor Kecamatan Sirampog, yang diikuti Kapolsek Sirampog, AKP Susanto Agus P, perwakilan dari Koramil Sirampog, Asper Perhutani BKPH Paguyangan Sujono, perwakilan masyarakat dan relawan. 

Hasilnya, akan dilakukan mediasi dan sosialisasi dengan warga perambah pada Senin 25 September 2023 di Balai Desa Dawuhan. 

"Ini evaluasi kejadian kemarin, nanti ada mediasi lagi Senin besok," kata Rade usai melakukan rapat evaluasi.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita