Sabtu, 19/08/2023, 14:25:55
SMPN 02 Tonjong Unjuk Keragaman Budaya di Karnaval Bumiayu
-LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Drama tari kolosal Ramayana tampil apik dimainkan siswa-siswi SMPN 02 Tonjong di karnaval Bumiayu (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - SMPN 02 Tonjong Kabupaten Brebes, memukau penonton dengan kehadiran yang spektakuler di acara Karnaval HUT RI ke-78 Kecamatan Bumiayu, Sabtu 17 Agustus 2023.

Lebih dari 500 siswa-siswi dan guru dari SMPN 02 Tonjong turut serta dalam karnaval yang menghadirkan suasana yang meriah, di sepanjang jalan Diponegoro Kota Kecamatan Bumiayu.

Dengan bangga, sekolah ini tampil memukau dengan pertunjukan drama tari kolosal yang mengangkat cerita Ramayana. Penampilan ini tidak hanya mencuri perhatian, tetapi juga berhasil menghidupkan kembali nilai-nilai budaya dan sejarah yang diperankan dengan penuh semangat oleh para siswa.

Selain drama tari kolosal, SMPN 02 Tonjong juga menampilkan kekayaan seni dan budaya daerah serta kearifan lokal. Berbagai jenis kesenian tradisional dipersembahkan dengan penuh kebanggaan, memperlihatkan keanekaragaman budaya yang ada di wilayah tersebut.

Prestasi juga menjadi salah satu sorotan dalam partisipasi SMPN 02 Tonjong. Dalam karnaval tersebut, sekolah ini turut memamerkan sederetan prestasi gemilang yang telah dicapai oleh siswa-siswinya.

Di antara prestasi tersebut, keberhasilan dalam dunia olahraga tampak mencolok, termasuk gelar juara dalam kompetisi bola basket dan pencapaian di bidang lainnya.

Kepala SMPN 02 Hj Farida Hidayati MPd mengatakan, keikutsertaan siswa-siswinya di Karnaval HUT RI kali ini sebagai bagian dari pembelajaran karakter. Melestarikan budaya luhur bangsa dan menanamkan semangat patriotisme untuk mengisi kemerdekaan dengan berprestasi.

"Siswa-siswa harus tahu dan faham dengan budaya luhur bangsa, yang harus dijaga dan dilestarikan di era modern ini," katanya.

Kehadiran SMPN 02 Tonjong dalam karnaval HUT RI di Kecamatan Bumiayu bukan hanya sekadar unjuk kebolehan, tetapi juga menjadi semangat untuk terus mempromosikan warisan budaya dan prestasi yang telah diraih oleh para siswa.

"Dengan semangat yang menggebu, partisipasi ini mengukuhkan posisi sekolah sebagai pusat pembelajaran dan pengembangan berbagai aspek kehidupan," pungkas Farida.

Karnaval HUT RI Kecamatan Bumiayu diikuti lebih dari 90 kelompok, mulai dari tingkat TK/PAUD, SE, SMP, SMA/SMK, kelompok organisasi dan masyarakat umum lainnya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita