Jumat, 26/05/2023, 12:38:57
Bukan Hanya sebagai Hiburan, TikTok sebagai Platform Personal Branding
Oleh: Heksa Dwi Hanifah

SEIRING dengan semakin banyaknya pengguna internet, media sosial menjadi semakin penting dalam kehidupan kita. Salah satu media sosial yang saat ini sedang naik daun yaitu Tiktok.

Tiktok diklaim sebagai salah satu platform personal branding yang bisa digunakan untuk meningkatkan popularitas, menghasilkan keuntungan, dan bahkan membuka peluang karir baru. Namun, seberapa efektif Tiktok sebagai platform personal branding?

Pertama-tama, kita perlu memahami apa itu personal branding. Personal branding adalah cara seseorang mempromosikan diri sendiri dengan mengangkat nilai yang dimilikinya. Personal branding sangat penting untuk dibangun karena dapat meningkatkan kepercayaan diri, membantu menemukan relasi atau menemukan koneksi sehingga memudahkan karir dan lingkup sosial seseorang.

Dengan personal branding, seseorang bisa membangun citra positif dan meningkatkan pengaruhnya di bidang tertentu. Dan Tiktok bisa menjadi alat yang efektif untuk memperkuat personal branding.

Salah satu keunggulan Tiktok sebagai platform personal branding adalah target audiens. Tiktok sebagai aplikasi video pendek yang penuh dengan ide kreatif dan inovatif, mampu menarik perhatian anak-anak muda. Dengan demikian, Tiktok cocok bagi mereka yang ingin membangun citra sebagai brand yang potensial di kalangan generasi muda.

Kedua, format video pendek di Tiktok bisa menjadi media untuk menunjukkan kemampuan seseorang dalam bidang tertentu. Misalnya, seorang musisi bisa mempromosikan karya-karyanya melalui lip-syncing atau menyanyikan lagu lama dengan cara yang kreatif dan menghibur. Atau seorang penulis bisa membagikan karyanya dalam bentuk video pendek. Dengan begitu, seseorang bisa membangun citra sebagai ahli di bidangnya di Tiktok.

Ketiga, Tiktok bisa menjadi sumber penghasilan. Saat ini, banyak pengguna Tiktok yang bisa menghasilkan uang dari kreativitas mereka di aplikasi ini. Beberapa selebriti Tiktok bahkan memperoleh penghasilan puluhan juta rupiah per video. Dengan memiliki citra yang kuat di Tiktok, seseorang bisa menjadi pemenang di pasar yang bising.

Cara Membangun Personal Branding di Tiktok:

Ingin membangun personal branding di Tiktok tapi bingung cara memulainya? Ikuti cara-cara berikut ini.

-1) Riset dan tentukan branding yang ingin dibangun

Cara yang pertama bisa dilakukan adalah riset atau mencari tahu apa yang kamu sukai atau yang menjadi keahlianmu. Dengan mencari tahu apa yang kamu sukai atau keahlian kamu, bisa memudahkan untuk menentukan branding apa yang ingin dibangun di Tiktok.

Salah satu contohnya seperti Tiktokers Ganta yang dikenal dengan kelucuannya dan caranya menyanyikan lagu. Hal tersebut berhasil menaikan nama Ganta dan juga akun Tiktoknya.

-2) Selalu konsisten

Untuk membangun sebuah personal branding, dibutuhkan konsisten untuk menjaga branding yang sedang kamu bangun. Tidak semua hal berhasil dilakukan dengan instan. Untuk itu tetap jaga rasa konsistenmu.

Contohnya ketika kamu membangun personal branding sebagai orang yang suka make-up maka kamu harus konsisten membuat konten yang berkaitan dengan make-up.

-3) Up-to-date

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah selalu up-to-date. Di era digital seperti sekarang, perkembangan trend menjadi sangat cepat dan berubah ubah. Dengan mengetahui trend-trend yang sedang ramai, akan memudahkan konten yang kita buat sehingga tidak “ketinggalan”. Namun, tidak semua trend harus diikuti.

-4) Bangun Relasi

Terakhir adalah bangun relasi dengan tiktokers lain yang mempunyai konten yang sejenis dengan konten kamu. Hal ini dilakukan agar terjadi simbiosis mutualisme yang bisa membuka peluang untuk menjangkau audiens baru dari masing-masing kreator. Selain itu, kamu dapat berkolaborasi dengan tiktokers lain untuk menaikan followers dan viewers.

Itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun personal branding di Tiktok. Namun, Tiktok bukan satu-satunya platform personal branding yang bisa digunakan untuk meningkatkan pengaruh dan keuntungan. Ada berbagai platform lain seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn yang memiliki pengguna aktif yang cukup besar di Indonesia.

Jadi, apakah Tiktok efektif sebagai platform personal branding? Mari kembali ke inti personal branding, yaitu mempromosikan nilai yang kita miliki. Tiktok bisa menjadi alat yang efektif untuk memperkuat personal branding, terutama bagi mereka yang ingin membangun citra sebagai brand yang potensial di kalangan generasi muda.

Namun, perlu diperhatikan bahwa Tiktok bukan satu-satunya platform yang bisa digunakan untuk tujuan tersebut. Ada banyak platform lain yang bisa digunakan sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai.

Pilih platform yang tepat dan sesuai dengan gaya hidup kita, sehingga kamu dapat mengoptimalkan potensi dari personal branding yang kamu kembangkan.

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita