Rabu, 24/05/2023, 14:06:53
Tingkatkan Wawasan Linmas, Pemdes Laren Gelar Peningkatan Kapasitas
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Pemdes Laren menggelar kegiatan peningkatan kapasitas Linmas untuk meningkatkan wawasan (Foto: Zaenal Muttaqin) 

PanturaNews (Brebes) - Pemerintah Desa (Pemdes) Laren, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menggelar pelatihan untuk meningkatkan kapasitas anggota Linmas pada hari Rabu, 24 Mei 2023. Acara pelatihan yang dikuti 35 peserta ini menghadirkan narasumber dari Polsek dan Koramil Bumiayu.

Dalam pembukaan acara, Kepala Desa Laren, Arief Setiawan, menyampaikan bahwa peningkatan kapasitas Linmas merupakan bentuk perhatian pemerintah desa terhadap Linmas agar memiliki pemahaman yang luas, sehingga dapat membantu aparat dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Melalui kegiatan peningkatan kapasitas ini, diharapkan anggota Linmas dapat meningkatkan wawasannya," ujar Arief.

Menurutnya, pelatihan tersebut mencakup materi-materi dasar dalam hal keamanan, seperti pemahaman tentang rambu-rambu lalu lintas, penggunaan peluit, gerakan tangan, dan baris berbaris.

"Sebelumnya, materi tentang tugas pokok dan fungsi Linmas telah disampaikan. Salah satu tugas Linmas, misalnya, adalah menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dalam situasi bencana," jelasnya.

Satuan Linmas diharapkan mampu menjadi pelopor dan pendorong keamanan swakarsa di tengah masyarakat. Mereka juga didorong untuk berintegrasi dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan suasana tertib, aman, dan tenteram di wilayah Desa Laren.

Pelatihan diakhiri dengan latihan baris berbaris di lapangan desa. Dengan diikuti oleh 35 anggota Linmas Desa Laren, pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dan ketangguhan mereka dalam menjalankan tugas-tugas di masyarakat, serta menciptakan keseimbangan dalam menjaga ketertiban dan keamanan, khususnya di Desa Laren.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita