Senin, 15/05/2023, 03:51:58
Resmi Ditutup.Hanya PKN yang Tak Daftarkan Bacalegnya ke KPU Brebes
-LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Sejumlah pengurus DPC Partai Buruh Kabupaten Brebes dan sejumlah partai lainnya saat melakukan perbaikan data persyaratan bacaleg di KPU Kabupaten Brebes. Nampak, anggota Bawaslu setempat memantau proses pendaftaran bacaleg  di KPU Brebes. (Foto : Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, secara resmi telah menutup pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) tingkat daerah Minggu 14 Mei 2023, pukul 23.59 WIB.

Dari sebanyak 18 partai politik (parpol) peserta Pemilu, hanya ada 1 parpol yang tidak mendaftarkan bacaleg, yakni Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

Partai yang saat ini diketuai Gede Pasek Suardika dan akan diserahkan jabatannya ke Anas Urbaningrum itu, sama sekali tidak ada pengurusnya yang datang ke KPU untuk mendaftarkan bacalegnya hingga pendaftaran di tutup Minggu 14 Mei 2023, pukul 23.59 WIB.

"Dari 18! parpol, hanya ada 1 parpol peserta Pemilu yang tidak datang. Bahkan, konfirmasi ataupun pemberitahuan kehadiran ke kami di hari terakhir pendaftaran bacaleg tidak ada, yaitu PKN," ujar Ketua KPU Kabupaten Brebes, Muamar Riza Pahlevi, kepada PanturaNews.Com, di kantornya. 

Dengan demikian, kata Riza, hanya ada 17 parpol yang telah resmi menyerahkan berkas pendaftaran bacalegnya ke KPU. 

Di antaranya adalah PKB, Partai Gerindra, PDIP, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, Partai Gelora Indonesia, PKS, Partai Hanura, Partai Garuda, PAN, PBB, Partai Demokrat, PSI, Perindo, PPP, dan Partai Ummat.

Menurut Riza, dari 17 parpol yang telah mendaftarkan bacalegnya itu, adalah Partai Buruh yang mendaftar terakhir ke KPU. Meskipun sempat terkendala dalam persyaratan berkas pendaftarannya sehingga harus dilakukan perbaikan, namun akhirnya dinyatakan lengkap. 

Termasuk dengan sejumlah partai lainnya, seperti Partai Gelora Indonesia, dan Partai Garuda, yang di hari terakhir pendaftaran mengalami kendala teknis. Khususnya dalam proses aplod data ke aplikasi Sistem Informasi Pencalonan(Silon).

Terkait dengan dua parpol yang sebelumnya berkas pendaftarannya dikembalikan karena tidak lengkap, yaitu Partai Demokrat dan PPP, juga sudah dinyatakan lengkap.

"Untuk tahapan selanjutnya adalah hari ini (15 Mei 2023) kami akan melakukan penelitian atau verifikasi administrasi dokumen persyaratan terhadap semua bacaleg yang diajukan oleh masing-masing parpol," terangnya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita