Rabu, 15/03/2023, 21:10:35
Optimalisasi Potensi Desa Parungkamal Untuk Masyarakat Melalui Mahasiswa KKN
Oleh: Putri Sajita Firjinia

MAHASISWA Universitas Peradaban Bumiayu (UPB) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai wujud implementasi Tri Dharma perguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat.

Pada kegiatan KKN Tahun 2023 ini, dibagi menjadi beberapa kelompok yang ditugaskan untuk mengabdi di beberapa desa yang terletak di Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Brebes. Salah satunya di Desa Parungkamal, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Pada kegiatan ini, Universitas Peradaban fokus pada 4 pilar, yaitu Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan dan ekonomi. Adapun program kerja yang dilaksanakan di masing-masing pilar adalah:

 

-1. Pendidikan:

Pada pilar Pendidikan mahasiswa KKN Desa Parungkamal mengadakan beberapa kegiatan salah satunya adalah PELAKOR (Pelatihan komputer) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang teknologi melalui pengenalan dasar computer.

Program itu dilaksanakan di SD Negeri 02 Parungkamal dan SD Negeri 03 Parungkamal. Selain itu, mahasiswa KKN juga mengadakan kegiatan PJBL (project based learning) yang bertujuan untuk melatih siswa dalam memanfaatkan barang bekas serta melatih kreatifitas para siswa.

Kegiatan ini, dilaksanakan di SD Negeri 01 Parungkamal. Selain itu, mahasiswa KKN juga mengadakan beberapa kegiatan tambahan, yakni Mengajar di TPQ dan Bimbingan Belajar (Binbel) yang ditujukan untuk anak-anak di Grumbul Sawangan Desa Parungkamal.

 

-2. Pilar Kesehatan:

Pada Pilar Kesehatan, mahasiswa KKN Desa Parungkamal juga mengadakan beberapa kegiatan. Salah satunya adalah Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut yang dilaksanakan di beberapa sekolah yang terletak di Desa Parungkamal yaitu TK Pertiwi 01 Parungkamal, TK Pertiwi 02 Parungkamal dan SD Negeri 02 Parungkamal.

Selain itu, mahasiswa KKN juga mengadakan kegiatan Penyuluhan TOGA (Tanaman Obat Keluarga) yang dilaksanakan di Balai Desa Parungkamal, dengan sasaran Ibu-ibu PKK dan Kelompok Tani.

Penyuluhan TOGA ini berkolaborasi dengan divisi lingkungan. Adapun program kerja tambahan yang dilakukan yaitu Pendampingan Posyandu Lansia (membantu administrasi dan penyuluhan hipertensi), pendampingan kelas ibu balita dan pendampingan kelas Bapake Mamake.

 

-3. Pillar Lingkungan:

Pada Pilar Lingkungan, Mahasiswa KKN mengadakan beberapa kegiatan, salah satunya adalah penyuluhan eco enzym yang diadakan di balai desa dengan sasaran ibu-ibu PKK dan kelompok tani.

Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat Desa Parungkamal mengetahui bahwa limbah seperti sayuran dan buah dapat dimanfaatkan untuk menjadi pupuk organik. Selain itu, kegiatan penyuluhan ecoenzym, juga bertujuan untuk mengajak masyarakat agar dapat mengurangi pengguanan bahan kimia yang dapat merusak lingkungan.

Adapun program kerja lain yang diadakan oleh mahasiswa KKN Desa Parungkamal pada pillar lingkungan, yakni kegiatan TOGA yang dalam pelaksanaannya berkolaborasi dengan divisi kesehatan, yaitu cara menanam TOGA dengan memanfaatkan barang bekas.

 

-4. Pilar Ekonomi:

Pada Pilar Ekonomi, mahasiswa KKN mengadakan program kerja utama, yakni pengenalan buku warung yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan aplikasi buku warung kepada para pelaku UMKM.

Selain itu, mahasiswa KKN juga membantu teknik pemasaran yang bertujuan untuk meningkakan penjualan UMKM, yakni pada UMKM Madu Rajatawon Desa Parungkamal.

Berikut Mahasiswa KKN Universitas Peradaban Bumiayu di Desa Parungkamal yakni; Shodik Abdul Ghofar, Dwi Yudni Linggarsari, Dita Prayoga, M. Hafiz Rizki Arsalan, Liana Indah Sari, Syifa Nur Arba'ati, Putri Sajita Firjinia, Zulfia Nabila, Rizkita Septiandari Fianja.

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita