Senin, 13/03/2023, 22:50:39
Maraknya Game Online dan Pengaruhnya Terhadap Eksistensi Permainan Tradisional
Oleh: Eko Priyanto

PERKEMBANGAN dunia industri dan teknologi sekarang ini sangatlah pesat dan canggih. Berbagai macam alat canggih dan teknologi-teknologi kecerdasan buatan, telah berhasil diciptakan oleh manusia di abad ke-21 ini.

Menurut Mohammad Zamroni dalam jurnal Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Dampaknya terhadap Kehidupan yang terbit pada tahun 2009, mengungkapkan bahwa arus perkembangan teknologi menyebar luas dan masuk dalam kehidupan masyarakat. Adanya globalisasi membantu penyebaran perkembangan teknologi ke berbagai negara. Akibatnya teknologi semakin dikenal luas dan menyebar dalam kehidupan manusia.

Mengutip dari buku Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (2012) karya Nuryanto, contoh perkembangan teknologi bisa dilihat dari perbedaan penggunaan alat pada zaman dulu dan masa sekarang. Misalnya dahulu masyarakat menggunakan kentongan sebagai alat untuk memberi informasi. Namun, saat ini pemberian informasi bisa dilakukan lewat internet dan media sosial.

Beberapa contoh lain tentang perkembangan teknologi yang digunakan sehari-hari, yakni:  1) Pada zaman dahulu, masyarakat menggunakan becak atau kereta kuda (delman) sebagai alat transportasi darat. Namun, saat ini masyarakat sudah bisa menggunakan sepeda motor, mobil, dan bus sebagai alat transportasi darat walaupun di berbagai wilayah masih ada yang memanfaatkan transportasi becak dan delman.

2) Dahulu masyarakat menjalin komunikasi dengan berkirim surat secara manual (tulisan dikertas) atau pesan singkat lewat SMS. Namun saat ini, mengirim pesan bisa dilakukan lewat media sosial, seperti WhatsApp, Facebook, Intagram, Tweeter, Line dan lain sebagainya.

3) Masyarakat dahulu menggunakan mesin tik untuk mengerjakan tugas atau mengetik teks baik di intansi pendidikan atau perkantoran. Tetapi saat ini pekerjaan yang behubungan dengan tulisan tersebut bisa dilakukan dengan memakai laptop, komputer, dan handphone.

4) Pada era orde lama dan orde baru, barang-barang seperti lilin, obor dan lampu minyak masih sering digunakan sebagai alat penerangan. Namun, semenjak perkembangan teknologi, banyak masyarakat yang sudah beralih menggunakan lampu yang dialiri listrik.

5) Anak-anak pada zaman dahulu seringkali memainkan permainan tradisional secara bersama-sama di lapangan seperti gerobak sodor, bola kasti, egrang, kelereng, dan permainan lainnya.

Namun pada saat ini tidak bisa dipungkiri lagi bahwa berbagai macam permainan tradisional yang dulu pernah ada sudah berkurang eksistensinya di masyarakat atau di kalangan anak-anak. Pada era sekarang anak-anak lebih suka dan lebih senang bermain-main dengan permainan yang ada di gadget atau smartphone seperti game online.

Game online merupakan salah satu permainan modern yang sudah sangat berkembang pesat di zaman sekarang, bukan hanya anak-anak dan remaja saja yang sudah bermain game online, tetapi orang-orang dewasa pun sudah banyak yang memainkan game online tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa macam jenis game online yang sudah berkembang pesat khususnya dikalangan para pelajar, yaitu Free Fire (FF), Mobile Legends (ML), PUBG Mobile, Dota, Arena Of Valore (AOV) dan lain sebagainya. Beberapa game tersebut sangat marak dan berkembang pesat di kalangan masyarakat.

Perkembangan game online tersebut memiliki banyak dampak buruk bagi masyarakat khususnya anak-anak pelajar. Diantara beberapa dampak buruk dari game online adalah sebagai berikut:

1) Banyak para pelajar yang lebih mementingkan bermain game daripada belajar atau membaca buku,

2) Uang saku atau uang jajan lebih banyak digunakan utuk membeli kuota internet atau voucher game,

3) Kebanyakan dari para pelajar yang bermain game akan tidur lebih larut dan bahkan terkadang mereka tidak tidur sampai pagi,

4) Pemikiran dan gaya hidunya menjadi lebih dominan membahas tentang game game online. Beberapa akibat di atas merupakan contoh dari anak-anak yang menjadi pecandu game yang tanpa pengawasan atau kurangnya kontrol dari orang tuanya.

Peran dan pengaruh orang tua dalam mengawasi dan mengontrol anak-anak mereka sangatlah penting, hal ini bertujuan agar anak-anak yang masih usia pelajar dapat dikontrol antara waktu belajar, bermain, dan juga yang tidak kalah penting adalah waktu untuk beristirahat.

Jika orang yang sering begadang pasti akan mudah mengantuk ketika beraktivitas di siang hari, selain itu orang-orang yang sering begadang juga akan lebih rentan daya tahan tubuhnya sehingga lebih mudah sakit. Sudah banyak kejadian yang ada di masyarakat tentang anak-anak yang menjadi pecandu game akan memiliki banyak dampak yang buruk bagi anak tersebut.

Namun dari banyaknya akibat buruk yang terjadi, banyak juga para gamers (orang-orang yang bermain game) yang dapat memperoleh penghasilan dari bermain game. Tepi tentu saja itu hanya orang-orang yang sudah mahir dan ahli dalam bermain game (pro players) serta sering mendapatkan kejuaraan dalam turnamen atau kompetisi.

Namun sebagai orang tua yang bijak hendaknya lebih mengawasi dan mengontrol anak-anaknya agar tidak menjadi pecandu game yang berdampak buruk bagi kehidupannya. Terkadang banyak orang tua yang keliru dengan membelikan anak-anak mereka yang masih balita atau anak-anak smartphone android sehingga memudahkan akses mereka untuk bermain game online padahal usianya masih dini.

Semoga dengan adanya artikel ini orang tua akan lebih kritis dan lebih bijak dalam memberikan pengawasan dan mendidik anaknya, khususnya terkait permainan game online.

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita