Minggu, 19/02/2023, 11:11:19
KPU Brebes Coklit Sejumlah Tokoh Pejabat. Warga Malah Menolak? Ini Faktanya
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

KPU Brebes menggelar rapat koordinasi dengan PPK mengenai pencoklitan. (Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Pencocokan dan Penelitian (Coklit) dalam rangka Pemilu tahun 2024 sudah berjalan satu pekan ini. Sejumlah tokoh dan pejabat yang ada di Kabupaten Brebes berhasil dicoklit di kediaman masing-masing. 

Di antara tokoh-tokoh yang sudah dicoklit di antaranya mantan Bupati Brebes Indra Kusuma, Idza Priyanti, mantan Wabup Narjo, Ketua DPRD Brebes Ahmad Taufik beserta anggota DPRD yang ada. Selain itu sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat lainnya. 

Ketua KPU Kabupaten Brebes, M Riza Pahlevi mengatakan bahwa coklit serentak yang dilakukan pada 12-14 Februari lalu telah dilakukan. Meski demikian, coklit tetap terus dilakukan oleh petugas Pantarlih hingga 14 Maret yang akan datang. 

"Coklit serentak yang dilakukan beberapa waktu lalu itu tujuannya untuk memastikan agar mereka yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih itu terdaftar sebagai pemilih," tegasnya, Minggu 19 Februari 2023.

Dalam kesempatan rakor dengan PPK yang dilakukan, Riza menyampaikan agar pelaksanaan coklit benar-benar dilakukan dengan teliti. Selain itu, juga ketika ada kendala agar disampaikan kepada KPU untuk dicarikan solusi. 

"Kemarin ada laporan dari PPS, ada warga yang tidak mau dicoklit sama sekali, tentu kendala seperti ini harus diselesaikan," katanya. 

Salah satu solusinya yakni dengan meminta bantuan dari pemerintah desa setempat untuk menyampaikan maksud coklit kepada warganya tersebut. 

Selain itu, juga ditemukan adanya warga yang belum memiliki identitas sama sekali. Juga ada warga setempat yang yang beridentitas luar daerah, tetapi belum pindah alamat. 

"Hal-hal seperti ini perlu dikomunikasikan dengan dinas terkait, seperti Disdukcapil," tambahnya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita