Kamis, 02/02/2023, 23:51:30
Terkendala, Jembatan Pemali Brebes Tidak Bisa Dipastikan Bisa Dilewati Saat Arus Mudik Lebaran
-LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Progres pengerjaan jembatan sungai Pemali  Brebes sisi utara. (Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahardian mengatakan, perbaikan jembatan sungai PemaliA atau sisi utara tidak bisa dipastikan selesai sebelum lebaran nanti.

Hal itu disampaikannya saat melakukan kunjungan kerja bersama Korlantas Polri meninjau progres perbaikan jembatan sungai Pemali Brebes, Kamis 2 Februari 2023.

Menurut Hedy, perbaikan jembatan sungai Pemali sisi utara ini awalnya ditargetkan selesai bisa difungsikan pada April 2023 mendatang.

Namun, saat arus mudik lebaran nanti, jembatan itu, diperkirakan masih dalam proses pengerjaan. 

"Ini dikarenakan ada beberapa kendala teknis yang perlu ditangani dengan serius. Salah satunya tiang pancang yang berada di tengah sungai," ujar Hedy.

Hedy mengaku untuk proses pengerjaan jembatan sungai Pemali Brebes sisi utara menginginkan bisa selesai sebelum lebaran.

"Akan tetapi kelihatannya sulit, karena secara teknis perlu diperdalam. Seperti tiang pancang berada di tengah sungai," terang Hedy.

Untuk menghadapi mudik Lebaran nanti, pihaknya akan mengoptimalkan jalan lingkar Utara (Jalingkut) dan Tol.

"Jadi, sebagai antisipasi untuk menghindari kemacetan polisi bakal melakukan antisipasi dengan rekayasa lalulintas saat mudik lebaran tahun 2023," jelasnya.

Sementara Kapolres Brebes, AKBP Guntur Muhamad Tariq mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan rekayasa lalulintas untuk jalur mudik Lebaran. Hal ini lantaran perbaikan jembatan Pemali yang kemungkinan rampung pada bulan Juni setelah Lebaran. 

"Pola pengamanan sudah kita siapkan beberapa skenario untuk jalur pantura, tengah dan selatan. Apabila terjadi penumpukan di beberapa jalur pantura, kita akan melakukan alihfungsi dari kendaraannya misalnya di Jalingkut itu akan kita bikin one way," kata Kapolres. 

"Nanti kita masukan semua kendaraan yang dari barat menuju ke Tegal begitupun sebaliknya. Yang harus kita antisipasi saat ini pantura dan jalur tengah sudah bisa kita selamatkan dari berbagai skenario," pungkasnya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita