Kamis, 26/01/2023, 11:17:54
Getuk, Makanan Tradisional Yang Perlu Dinaik Daunkan Lagi!
Oleh: Ulya Mazaya & Indratmo Yudono M.Si

GETUK merupakan makanan tradisional asal Magelang, Jawa Tengah. Makanan ini khususnya di kota Bumiayu sudah sangat jarang ditemui karena sudah tidak lagi eksis di zaman sekarang, zaman milenial. Getuk, makanan tradisional yang jarang diketahui, terutama bagi kaum muda.

Dengan kita memilih berbisnis getuk akan mampu meraup pundi-pundi rupiah yang lumayan besar, dengan cara memperbanyak variasi getuk menjadi lebih modern, sehingga lebih menarik perhatian peminat.

Getuk merupakan kue tradisional yang bahan utamanya adalah singkong atau ketela pohon, umumnya getuk memiliki rasa yang manis dan gurih. Singkong adalah tanaman rakyat yang telah tersebar diseluruh Indonesia. Saat ini produksi singkong di Indonesia telah mencapai kurang lebih 20 juta ton per tahun (BPS, 2015).

Kue getuk merupakan makanan ringan asal Magelang, Jawa Tengah. Saat ini, kota Magelang sendiri dikenal sebagai kota getuk. Sejarah getuk berawal pada zaman penjajahan Jepang. Beberapa pendapat menyebutkan jika di zaman itu bahan pangan pokok beras sangat langka. Sehingga penduduk lokal Magelang memanfaatkan singkong atau ketela pohon sebagai makanan pokok pengganti beras (Rohmitiasih,M, 2019).

Ada beberapa fakta menarik tentang getuk. Pertama, muncul pada masa penjajahan Jepang. Menurut apa yang telah disebutkan, pengetahuan kuno tentang camilan sederhana ini berkembang sepanjang masa kekaisaran Jepang. Kedua, dibuat menggunakan proses manual. Awalnya dibuat dengan manual tetapi semakin peminatnya banyak sekarang sudah tersedianya mesin penghalus singkong. Terakhir, yaitu cocok untuk segala acara hidangan, selain untuk hidangan juga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Makanan tradisonal ini sangat banyak digemari oleh semua kalangan karena harganya yang sangat terjangkau, makanan ini terkenal akan rasanya yang nikmat, tetapi seiring berjalannya zaman, keberadaan getuk mulai memudar, hal ini memberikan peluang usaha getuk yang masih terbuka lebar.

Anda dapat memanfaatkan bisnis ini untuk menambah penghasilan. Meski terlihat sepele bisnis getuk tak boleh diragukan, dimana bisnis getuk mampu meningkatkan pendapatan. Bisnis getuk ini membutuhkan modal usaha yang terbilang sangat kecil dimana bahan baku yang digunakan tidaklah mahal. Terlebih bahan utamanya adalah singkong yang mudah dijumpai di sekitar kita dan harga jualnya sangat murah, namun setelah disulap menjadi getuk harganya akan semakin tinggi.

Bagaimana cara agar bisnis ini semakin berkembang? Anda bisa menentukan lokasi strategis dalam berjualan getuk, Anda bisa menentukan pilihan lokasi yang tepat, strategis dan ramai. Bisnis getuk dapat membuka gerai, stand juga kios di pusat perbelanjaan, tengah kota, dekat sekolah, pasar, dekat rumah sakit, pinggiran jalan raya, taman kota, sekitar kampus dan lainnya.

Kemudian Anda bisa membuat strategi promosi pemasaran bisnis getuk, pemasaran bisnis getuk bisa dilakukan dengan membuat getuk yang enak dan berbeda. Selain itu dapat memanfaatkan promosi jajanan tradisional dari bahan singkong melalui media sosial baik Facebook, Path, Whatsapp, Wechat, Instagram, Tiktok, juga situs jual beli online dan lainnya. Juga dapat pula menjalankan strategi pemasaran getuk lewat menyebarkan berbagai brosur.

Peluang dari bisnis getuk sangat pantas untuk digunakan. Karena usaha bisnis getuk memiliki pondasi yang sangat kuat dan terpercaya. Usaha getuk ini bisa sukses jika diluncurkan secepat mungkin. Selain itu, jika Anda bisa membuat getuk yang menarik dengan tekstur yang pas sehingga Anda dapat dengan mudah mendapatkan pelanggan.

Untuk menghasilkan getuk yang bermutu tinggi dan disukai konsumen, persyaratan penggunaan bahan dalam pembuatan getuk harus dipenuhi untuk membuat getuk dengan mudah, ingatlah prinsip pembuatannya dari buku atau sumber informasi lainnya.

Makanan tradisional ini sangat digemari oleh semua kalangan, karena selain harganya yang sangat terjangkau getuk ini dikenal akan rasanya yang nikmat. Untuk menghasilkan getuk bermutu tinggi dan disukai konsumen, sebaiknya Anda lebih memperhatikan rasa dan strategi pemasarannya agar bisa mencapai keberhasilan. Getuk biasanya disajikan untuk cemilan sambil minum teh. Salah satu variasi penyajian getuk adalah dengan cara digoreng.

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita