Selasa, 24/01/2023, 19:02:44
Pemahaman Konsep Matematis Sebagai Pilar Dalam Pembelajaran Matematika
Oleh: Reva Septiya Sari & Dian Purwaningsih, M.Pd

MATEMATIKA merupakan ilmu yang memiliki peran penting bagi kemajuan peradaban manusia,hal ini dikarenakan matematika dapat membantu dalam mengembangkan disiplin ilmu lain seperti Fisika, Kimia, dan Ilmu Pemrograman Komputer dan dapat juga digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, seperti masalah perdagangan, pengukuran tanah, konstruksi dan astronomi.

Pentingnya belajar matematika tidak terlepas dari perannya dalam berbagai aspek kehidupan. Selain itu, dengan mempelajari matematika seseorang akan terbiasa memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan baik secara faktual, konseptual maupun prosedural.

Fathani (2009) menyatakan bahwa matematika itu penting baik sebagai alat bantu, sebagai ilmu (bagi ilmuwan), sebagai pembentuk sikap maupun sebagai pembimbing pola pikir. Mengingat pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari, maka matematika perlu dipahami dan dikuasai oleh semua lapisan masyarakat terutama siswa sekolah sebagai generasi penerus bangsa.

Matematika memiliki tujuan yang sangat penting bagi siswa di sekolah (Hidayat,2017). Hal ini sesuai dengan tujuan dari pembelajaran matematika yang tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 58 Tahun 2014 yaitu: Memahami konsep matematika merupakan kompetensi dalam menjelaskan keterkaitan antar konsep dan menggunakan konsep maupun algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah.

Dalam pembelajaran matematika,sangatlah diperlukan pemahaman konsep matematis karena dengan pemahaman konsep matematis siswa dapat melihat hubungan antar konsep-konsep dan prosedur penyelesaiannya serta siswa dapat memberikan pendapat ketika menjelaskan alasan. Hal tersebut dikarenakan konsep-konsep dalam matematika tersusun secara sistematis, hirarkis, dan logis mulai dari sederhana sampai kompleks.

Lebih lanjut, siswa yang memiliki kemampuan konsep matematis akan dapat dengan mudah untuk mengungkapkan kembali konsep yang telah dipelajari dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami baik konsep itu sendiri, objek-objek yang menyusun konsep,prosedur, bentuk representasi matematis maupun kaitan antar konsep matematis dengan konsep lainnya.

Dalam bahasa inggris pemahaman diartikan sebagai understanding yang kemudian diartikan lebih lanjut menjadi komprehensi, daya paham, dan daya menanggapi sesuatu. Dapat dismpulkan bahwa pemahaman konsep matematis adalah daya menanggapi bahan materi matematis yang diajarkan oleh pendidik kepada siswa sehingga pemahaman konsep matematis bukan hanya sekedar menghafal rumus-rumus ataupun prosedur-prosedur penyelesaian dari persoalan matematis tetapi lebih lanjut siswa mampu menyatakan kembali konsep matematis yang telah dipelajari dalam bentuk yang lebih mudah dipahami.

Karim & Nurrahmah (2018) pemahaman konsep matematis merupakan suatu kemampuan dalam memahami konsep, membedakan sejumlah konsep-konsep yang saling terpisah, serta kemampuan melakukan perhitungan secara bermakna pada situasi atau permasalahan - permasalahan yang lebih luas. Fungsi dari pemahaman konsep sendiri memainkan peranan penting terutama dalam pembelajaran karena pemahaman merupakan kemampuan mendasar yang harus dimiliki siswa dalam belajar konsep-konsep matematika yang lebih lanjut.

Sehingga dapat disusun indikator dalam pemahaman konsep matematis adalah mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu yang sesuai dengan konsepnya, memberikan contoh dan bukan contoh dari konsep yang telah dipelajari, menerapkan konsep secara algoritma dan menyajikan konsep tersebut dalam berbagai bentuk representatif matematika.

Pemberian tugas dalam matematika menyangkut beberapa atau banyak konsep yang terkait dimana memungkinkan seorang siswa untuk dapat memecahkan masalah sesuai dengan aturan-aturan atau prosedur-prosedur yang terdapat pada konsep-konsep tersebut. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa konsep adalah suatu ide abstrak yang memungkinkan seorang siswa untuk dapat mengelompokkan objek atau variabel dalam matematika maupun menerangkan kejadian secara matematis yang nantinya digunakan untuk penyelesaian soal matematis.

Pemahaman konsep matematis menjadi sangatlah penting baik dari segi sebagai alat komunikasi maupun sebagai alat berfikir secara matematis ataupun prosedural. Dengan pemahaman konsep matematis mampu menjadikan matematika lebih konkret sehingga dapat dengan mudah untuk digunakan dalam mengembangkan daya penalaran siswa.

Yani (2019) menyebutkan bahwa pentingnya kemampuan pemahaman matematis tercantum dalam tujuan pembelajaran matematika Kurikulum Matematika Sekolah Menengah yang menyatakan bahwa tujuan dalam mengajar matematika adalah agar pengetahuan matematika yang disampaikan dapat dipahami oleh siswa. Apabila seorang siswa tidak memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis maka kegunaa, ide-ide, pengetahuan ataupun keterampilan matematis lainnya akan sangat terbatas ataupun mungkin tidak akan dimiliki oleh siswa tersebut.

Dari uraian-uraian diatas,dapat dikatakan bahwa pemahaman konsep matematis merupakan pilar dalam pembelajaran matematika karena pemahaman konsep itu sendiri merupakan dasar dari pemahaman prinsip dan teori-teori, sehingga untuk dapat memahami prinsip dan teori alangkah lebih baiknya langkah awal yang dilakukan oleh siswa adalah memahami konsep-konsep yang menyusun prinsip dan teori tersebut,oleh karena itu sangatlah penting bagi siswa untuk memiliki kemampuan memahami konsep matematis dalam pembelajaran matematika.

Daftar Pustaka: Siregar, Khairunnisa, Sri Muliatik, dan Yenni Novita Harahap. 2021. ”Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Youtube. ”Jurnal Pedagogi dan pembelajaran,4(3), 443-449. Universitas Alwashliah Medan.

Aledya, Vivi.2019. ”Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa. ”Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan.

Kristanti. F. R, Isnarto, Mulyono (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Android. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring.” Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 275-290.

Khairani,B.R,Maimunah,dan Roza,Yenita.2021.”Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA/MA Pada Materi Barisan Dan Deret.”Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika,5(2).

Radiusman.2020.”Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika. ”Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.6(1).

Diana,Putri.2020. ”Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik.” SJME (Supremum Journal of Mathematics Education),4(1),24 – 32.

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita