Selasa, 24/01/2023, 16:12:59
Perhutani dan Kejari Tegal Teken MoU Penanganan Hukum Perdata dan TUN
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Penandatanganan MoU bidang perdata dan tata usaha negara antara Perum Perhutani dengan Kejari Tegal (Foto: Humas Perhutani)

PanturaNews (Tegal) - Perum Perhutani KPH Pekalongan Barat bersama KPH Pemalang dan KPH Balapulang, melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tegal, terkait bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara (TUN).

Penandatanganan naskah Momorandum of Understanding (MoU) itu dilakukan di Wisata Guci Forets Kabupaten Tegal, Selasa 24 Januari 2023.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Plt ADM KKPH Pekalongan Barat, Hilaluddin, ADM KPH Balapulang Haris Setiana, ADM KPH Pemalang, Akhmad Taufik dan Kepala Kejaksaan Negeri Tegal, Suyanto.

 

Kepala Departemen Perencanaan dan pengembangan bisnis perum perhutani divre Jateng selaku PLT ADM / KKPH Pekalongan Barat Hilaluddin menyampaikan terima kasih kepada jajaran Kejari Kabupaten Tegal yang siap bersinergi, dan banyak jajaran dari perhutani belum mengerti betul terkait hukum.

"Maka dari itu kami perlu bersinergi dan bantuan Kejari untuk pendampingan dalam hal penyelesaian terkait sengketa dan penanganan hukum terkait hukum perdata dan tata usaha negara," katanya.

Menurutnya, perjanjian kerja sama dimaksudkan untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi para pihak dalam bidang perdata dan tata usaha negara. Perjanjian kerja sama juga bertujuan untuk meningkatkan efektifitas penanganan dan/atau penyelesaian masalah hukum dalam bidang perdata dan tata usaha negara, baik di dalam maupun di luar pengadilan, yang dihadapi oleh pihak pertama.

 

"Tujuannya antara lain untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi kedua instansi dalam bidang Perdata dan Tata Usaha Negara serta meningkatkan efektifitas penanganan dan penyelesaian masalah hukum baik di dalam maupun di luar pengadilan, yang dihadapi oleh Perhutani," katanya.

Dikatakan, penandatanganan kesepahaman itu, Perhutani berharap terjalin sinergitas dalam penyelesaian hukum bidang Perdata dan Tata Usaha Negara khususnya pengelolaan hutan.

“Kedepannya kita maksimalkan dari kerjasama ini, bukan hanya sekedar penandatanganan tapi mungkin kita lebih konkritkan yang nyata, pada kajian atau opinion terhadap tugas-tugas di lapangan,” katanya.

Kepala Kejaksaan Negeri Tegal, Suyanto menyambut baik kerjasama yang telah terjalin selama ini. MoU merpakan tindak lanjut dari acara penandatanganan perjanjian kerjasama antara perhutani Divre Jawa Tengah dan Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

"Mou ini adalau salah satunya merupakan awal dari sinergitas antara perhutani dengan Kejari," katanya.

 

Ditambahkan, bahwa tugas dan tanggung jawab dari Kejaksaan meliputi pendampingan hukum, pelayanan hukum, bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum lainnya.

“Kami siap mendampingi Perhutani apabila ada permasalahan-permasalahan hukum di bidang perdata dan tata usaha negara,” kata Suyanto.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita