Jumat, 20/01/2023, 00:33:58
Askab PSSI Brebes Akan Gelar KLB Pemilihan Ketua Umum. Catat Jadwal Tahapannya!!
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Ketua Panitia KLB Askab PSSI Brebes, Rosidin (kanan-red), saat sosialisasi tahapan KLB di Sekretariat Askab PSSI Brebes kepada awak media. (Foto:Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Kabupaten Brebes akan segera menggelar Kongres Luar Biasa (KLB). Agendanya adalah pemilihan Ketua Umum masa jabatan 2022-2026, yang rencana akan dilaksanakan pada 11 Februari 2023 mendatang.

KLB itu dilaksanakan setelah ditunjuknya Heri Fitriansyah sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Askab PSSI Kabupaten Brebes oleh Asprov PSSI Jateng saat berlangsungnya Kongres Biasa yang telah dilaksanakan pada 31 Desember 2022 lalu.

Demikian disampaikan oleh Ketua Panitia KLB Askab PSSI Brebes, Rosidin, saat sosialisasi tahapan KLB di Sekretariat Askab PSSI Brebes kepada awak media, Kamis 19 Januari 2023 sore.

Menurut Rosidin, tahapan awal pelaksanaan sosialisasi KLB telah dilaksanakan pada 5 Januari 2023 lalu. Yakni, dengan agenda penetapan panitia KLB, Komite Pemilihan dan Komite Banding. Kemudian, pada 18 Januari kemarin juga telah dilaksanakan tahapan sosialisasi melalui pemberitahuan surat kepada klub peserta KLB.

"Hari ini, kami laksanakan tahapan sosialisasi pembukaan pendaftaran calon ketua. Sedangkan pengambilan dan pengembalian formulir pendaftaran mulai 26 Januari - 1 Februari mendatang," terang Rosidin.

Tahapan selanjutnya, kata Rosidin, yaitu verifikasi dokumen adminstrasi para bakal calon (balon) yang rencana akan dilaksanakan pada 2-3 Februari. Sehari kemudian, pada 4 Februari dilaksanakan tahapan penetapan balon. Setelah itu, pada 5-6 Februari penerimaan dokumen banding (jika ada-red), dan pada 7 Februari penetapan putusan banding (jika ada-red).

"Untuk tahapan berikutnya, yakni pada 8 Januari, kami akan mengirim undangan KLB kepada seluruh peserta. Kemudian, pada 10 Januari menjadi batas akhir pengiriman surat mandat peserta, dan terakhir 11 Februari pelaksanaan KLB," Jelas Rosidin didampingi anggotanya.

Adapaun, imbuh Rosidin, untuk KLB, jumlah hak pilihnya adalah sebanyak 46 suara. Di antaranya 24 hak pilih berasal dari peserta Liga Brebes Super (LBS), 21 hak pilih dari peserta Divisi Utama Brebes (DUB), dan 1 hak pilih dari Futsal.

"Untuk 21 hak pilih dari peserta DUB ini ditetapkan saat Kongres Biasa, dengan acuan para klub yang hadir dalam Kongres Biasa tersebut,"terang Rosidin.

Untuk bisa mendaftarkan diri sebagai kandidat ketua Askab PSSI Brebes, lanjut Rosidin, harus memenuhi kriteria yang ditetapkan. Di antaranya, berusia minimal 25 tahun. Selain itu, memiliki pengalaman selama 3 tahun dalam organisasi sepakbola dibawah naungan Askab PSSI dan harus memenuhi syarat lainnya yang telah ditentukan.

Persyaratan lainnya, setiap kandidat juga harus diajukan dalam pencalonan sekurang-kurangnya oleh satu pemilik hak pilih (voter). Berikutnya, setiap kandidat juga harus menjalani pemeriksaan integritas oleh Komite Disiplin Asprov PSSI Jateng.

"Untuk persyaratan atau kreteria lainnya yang harus dipenuhi oleh balon Ketua Umum Askab PSSI Brebes adalah setiap kandidat menandatangani surat penyataan akan patuh/tunduk kepada Statuta, Kode Pemilihan dan peraturan yang telah diterbitkan PSSI," tandasnya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita