Kamis, 19/01/2023, 22:08:49
Peringati Bulan K3 Nasional, PLN Tegal Gelar Peralatan Keselamatan Kerja
LAPORAN JOHARI

Peralatan Kerja Petugas PLN

PanturaNews (Tegal) - PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tegal, menggelar  Apel dan Gelar Peralatan dalam rangka memperingati Bulan K3 (Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan kerja) Nasional tahun 2023, yang diperingati pada 12 Januari -12 Februari 2023 berdasarkan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan yang bertema "Terwujudnya Pekerjaan Layak Yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja Khususnya Pada Bidang Ketenagalistrikan", Kamis 19 Januari 2023.

Acara dimulai dengan apel yang dipimpin oleh Manager PLN UP3 Tegal Suparje Wardiyono. Apel diikuti oleh 90 personil yang terdiri dari Assistant Manager, Manager Unit Layanan Pelanggan, Team Leader K3L dan Team Leader Teknik, Petugas Pelayanan Teknik, dan perwakilan dari PT Insan Utama Mandiri selaku mitra kerja.

Suparje mengatakan bahwa peringatan bulan K3 merupakan momen yang tepat untuk semua insan PLN dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya aspek K3 dimana K3 dapat mempengaruhi berjalanya proses bisnis suatu perusahaan di era digitalisasi saat ini.

“Sebagai bentuk komitmen atas keselamatan dan kesehatan kerja, dilakukan penandatanganan komitmen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Zero Accident oleh seluruh peserta. Komitmen pada Zero Accident sangatlah penting karena sebuah kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi, moril dan pencemaran lingkungan, namun juga dapat mempengaruhi produktivitas dan kesejahteraan masyarakat. Kecelakaan kerja juga mempengaruhi indeks pembangunan manusia dan daya saing nasional,” Ujar Suparje.

Lebih lanjut, Suparje menyampaikan bahwasannya komitmen untuk senantiasa berbudaya K3 merupakan pendorong utama kelancaran dalam segala kegiatan proses bisnis.

Untuk memastikan keamanan dalam bekerja, PLN UP3 Tegal juga melakukan gelar peralatan untuk memastikan peralatan yang digunakan para tim teknik sudah lengkap dan memenuhi standar operasional prosedur peralatan dan kesiapan para personil di lapangan.

Suparje juga berpesan perlunya kesadaran akan pentingnya aspek K3 dalam menjalankan bisnis untuk mencapai tujuan kita bersama menjadi World Class Company dan Sistem Manajemen K3 yang telah didapatkan bukan menjadi alasan berpuas diri, melainkan semakin giat mempromosikan aspek K3 sehingga K3 menyatu menjadi budaya perusahaan.

Dengan adanya pelaksanaan bulan K3 Nasional diharapkan dapat tercipta pelaksanaan K3 secara mandiri dan dapat memperlancar proses bisnis yang ada di PLN. Dengan demikian, tujuan K3 dalam menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, dan sehat menuju kecelakaan nihil guna peningkatan produktivitas nasional dapat segera terwujud secara nyata.

“PLN UP3 Tegal mengadakan Apel K3 Nasional sekaligus melakukan gelar peralatan, hal ini dalam rangka mensosialisasikan bulan K3 Nasional sekaligus kesiapan peralatan dan personil,” pungkasnya.

 


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita