Selasa, 27/12/2022, 15:45:51
Memahami Apa Itu Kesehatan Mental dan Cara Menjaganya
Oleh: Eva Nurhayati

APA itu kesehatan mental? Mental adalah hal-hal yang berkaitan dengan batin dan watak manusia. Dengan kata lain, kesehatan mental adalah kondisi ketika batin dan watak manusia dalam keadaan normal, tentram, dan tenang, sehingga dapat menjalankan aktivitas dan menikmati kehidupan sehari-hari.

National Institute of Mental Health menyebutkan bahwa kesehatan mental meliputi emosional, psikologi, serta hubungan sosial. Ketiga aspek tersebut akan mempengaruhi bagaimana kita berpikir, merasakan, bertindak, membuat keputusan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan mental kita. Secara lebih lanjut, kesehatan mental lebih dari sekadar mengobati penyakit jiwa.

Untuk memahami lebih dalam, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebut, kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial manusia. Hal-hal ini membantu manusia untuk berpikir, merasa, dan bertindak, serta menghadapi stres, berhubungan dengan orang lain, dan membuat keputusan yang tepat.

Sebaliknya, seseorang dengan kondisi mental yang buruk akan sulit mengendalikan emosi, stres, serta tidak dapat berpikir, merasa, bertindak, dan membuat keputusan dengan tepat. Bahkan, seseorang dengan mental yang buruk pun cenderung memiliki hubungan yang tidak baik dengan orang di sekitarnya atau kerap menarik diri dari kehidupan sosialnya.

Meski demikian, CDC menegaskan, kesehatan mental yang buruk dan gangguan mental (mental illness) bukanlah sesuatu hal yang sama. Seseorang dapat mengalami kondisi mental yang buruk, tetapi belum tentu didiagnosis dengan jenis gangguan mental tertentu. Sebaliknya, orang yang didiagnosis memiliki mental illness pun dapat mengalami periode mental, fisik, dan sosial yang baik.

Kesehatan mental dapat berubah selaras dengan perubahan waktu. Hal ini dikarenakan peristiwa dalam perjalanan hidup yang dapat menyebabkan tekanan jiwa (stres) atau menimbulkan ketidakbahagiaan. Meskipun demikian, tidak jarang permasalahan mental hadir tanpa suatu sebab.

Permasalahan mental merupakan hal yang umum dan memengaruhi satu dari empat manusia pada beberapa hal dalam kehidupan.Sementara itu, orang yang memiliki masalah kesehatan mental mengalami perasaan seperti, kecemasan bahwa tidak ada orang yang akan memahaminya.

Hal tersebut merupakan masalah pada “pikiran mereka” dan tidak menganggap sebagai sesuatu yang serius atau terkadang mereka merasakan sesuatu yang tidak biasa daripada keumumannya.

Diagnosis kesehatan mental biasanya dikeluarkan oleh dokter yang menyarankan perawatan seperti meditasi, konseling, maupun terapi. Pada beberapa kasus, perawatan dapat secara efektif membantu Anda kembali pada kondisi mental yang baik.

Berbicara mengenai gangguan kesehatan mental, jenisnya ada banyak sekali. Beberapa yang umum terjadi adalah depresi, gangguan bipolar, gangguan kecemasan, PTSD, OCD, dan psikosis.

Ada jenis gangguan kesehatan mental yang hanya terjadi pada suatu kelompok orang, misalnya postpartum depression yang hanya terjadi pada wanita setelah melahirkan. Meski jenisnya banyak, ada beberapa gejala umum yang dialami seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental. Gangguan kesehatan mental juga bisa memengaruhi kesehatan fisik.

Secara umum, berikut ini ciri-ciri seseorang mengalami gangguan kesehatan mental:

-Merasa sedih berkepanjangan, kadang tanpa sebab yang jelas. -Mati rasa atau tak peduli dengan lingkungan sekitar. -Merasa lelah yang signifikan, tidak berenergi, dan mengalami masalah tidur. -Sering marah berlebihan dan sangat sensitif. -Merasa putus asa dan tak berdaya. -Sering merasa bingung, khawatir, atau takut. -Memiliki pengalaman buruk yang tidak bisa dilupakan.

-Mengalami delusi, paranoia, atau halusinasi. -Merasa sulit untuk berkonsentrasi. -Merasa takut atau khawatir berlebihan, atau dihantui perasaan bersalah. -Perubahan suasana hati yang drastis. -Cenderung menarik diri dari lingkungan sosial. -Tidak mampu mengatasi stres atau masalah sehari-hari. -Memiliki pikiran untuk bunuh diri.

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Menjaga kesehatan mental adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan. Self-care merupakan salah satu usaha dalam menjaga kesehatan mental dan membantu perawatan dan penyembuhan apabila Anda memiliki masalah dengan penyakit mental. Untuk menjaga kesehatan mental, berikut ini ada beberapa cara l yang bisa dilakukan:

-1. Berbicara Tentang Perasaan Anda dengan Diri Sendiri.

-2. Olahraga, dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri.

-3. Makan Makanan yang Sehat ,Otak membutuhkan beragam nutrisi untuk tetap sehat dan berfungsi dengan baik, sama halnya seperti organ tubuh lain.

-4. Hindari Alkohol, Ketika menggunakan alkohol, Anda akan cenderung merasa bersalah karena alkohol pada dasarnya memengaruhi otak dan tubuh. Mengonsumsi alkohol bukanlah cara yang tepat untuk mengatasi kondisi perasaan kita.

-5. Menjaga Hubungan Sosial, Tidak ada hal yang lebih menyenangkan dari tetap menjaga hubungan dengan seseorang dengan bertemu secara langsung. Menjaga komunikasi akan tetap membantu menjaga kesehatan mental.

-6. Meminta Bantuan, Jika sesuatu terasa berat dan Anda merasa tidak bisa menanganinya, mintalah bantuan kepada keluarga atau teman yang mampu memberikan bantuan atau setidaknya dapat mendengarkan cerita Anda.

-7. Istirahat, Beberapa menit sangat berharga untuk mengurasi stres Anda, berikan diri waktu untuk me time.

-8. Melakukan Kegiatan yang Disukai, Menikmati waktu dan melakukan aktifitas yang membuat nyaman dapat membantu mengurangi tekanan stres.

-9. Menerima Diri Sendiri. Setiap manusia unik. Kalimat tersebut terdengar lebih menyehatkan. Menerima diri sendiri sebagai pribadi yang unik lebih menyehatkan daripada mengharapkan menjadi seperti orang lain. Merasa puas terhadap diri Anda dapat membantu meningkatkan rasa kepercayaan diri untuk mencoba keahlian baru, mengunjungi tempat baru, atau menjalin hubungan pertemanan baru.

-10. Mempedulikan Orang Lain, Membantu sesama juga bisa menimbulkan perasaan menolong diri kita sendiri.

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita