Minggu, 25/12/2022, 20:47:24
Riza : 16 Parpol di Brebes Penuhi Syarat. Hanya PBB Yang Nihil Kepengurusan
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

PanturaNews (Brebes) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Mumar Riza Pahlevi mengatakan, sebanyak 16 kepengurusan partai politik dari 17 parpol peserta pemilu di daerahnya dinyatakan memenuhi syarat.

"Ini artinya kepengurusan 16 dari 17 parpol di Kabupaten Brebes yang memenuhi syarat, karena sudah resmi terbentuk," kata Riza saat KPU menggelar evaluasi tahapan teknis penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 di King Royal Hotel, Minggu 25 Desember 2022.

Dalam rapat evaluasi tahapan teknis penyelenggaraan pemilu, pihaknya, juga mengundang semua pengurus parpol. Di antaranya, Bawaslu dan stakeholder terkait serta media.

“Jadi, dari 17 parpol peserta pemilu 2024, hanya PBB yang kepengurusannya masih nihil. Sedangkan, klarifikasi terhadap pendaftar PPS yang tercatut dalam Sipol masih menunggu tahapan perekrutan,” ungkap Riza.

Klarifikasi tersebut, lanjut Riza, dengan melakukan kroscek dan validasi saat pemeriksaan berkas. Tujuannya, memastikan semua pendaftar tidak masuk dalam keanggotaan maupun pengurus parpol peserta pemilu. Sebab, syarat menjadi PPS dilarang terlibat politik praktis dalam internal parpol tertentu.

“Dari hasil kroscek sementara, masih ada beberapa pendaftar yang namanya tercatut masuk Sistem Informasi Partai Politik. Tapi, akan segera diklarifikasi sebagai syarat seleksi PPS,” jelasnya.

Terkait dengan pemeriksaan dan verifikasi validasi berkas pendaftar PPS, beberapa peserta, imbuh Riza, ada yang namanya tercatut sebagai anggota parpol sehingga akan dilakukan klarifikasi.

Untuk tahapan seleksi badan ad Hoc PPS, akan menyesuaikan petunjuk teknis terbaru dari pusat. Di antaranya, ada perpanjangan tahap pendaftaran yang semula 27 Desember berubah hingga 30 Desember. Sehingga, otomatis semua tahapan seleksi PPS menyesuaikan dengan juknis terbaru dari pusat. Terakhir, semua pengurus parpol diminta untuk menggencarkan sosialisasi terkait berkas pendaftaran calon legislatif.

“Karena pendaftaran Caleg sudah mulai April 2023, pengurus parpol harus memastikan persiapannya lebih matang. Sehingga, saat input dokumen pendaftaran caleg sudah lengkap,” pungkasnya.

 


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita