Selasa, 22/11/2022, 22:59:26
Diresmikan, Rumah Sehat Baznas Brebes Satu-Satunya di Jateng Beri Layanan Kesehatan Gratis
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia Prof Dr KH Noor Achmad MA bersama Bupati Brebes, Hj. Idza Priyanti, SE, MH, meresmikan Rumah Sehat Baznas Brebes. (Foto:Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia Prof Dr KH Noor Achmad MA bersama Bupati Brebes, Idza Priyanti meresmikan Rumah Sehat Baznas (RSB) Brebes. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan untaian Melati di pintu masuk RSB yang berada di Jalan Proklamasi 75 Pasarbatang, Brebes, Selasa 22 November 2022.

Bupati Brebes Idza Priyanti, mengapresiasi setinggi tingginya kepada Baznas yang telah mebangun RSB di Kabupaten Brebes. Hal ini sejalan dengan misi Pemkab Brebes dalam hal pemenuhan kebutuhan dan peningkatan kesehatan masyarakat.

Terlebih RSB Brebes memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi mustahiq yang sangat membantu masyarakat kurang mampu dalam pelayanan kesehatan yang merupakan kebutuhan dasar setiap manusia.

Dengan bertambahnya pusat layanan maupun fasilitas kesehatan seperti RSB, sangat membantu Pemkab Brebes dalam pemenuhan dan peningkatan derajat kesehatan.

Idza menjelaskan potensi zakat di Kabupaten Brebes sangat tinggi, hanya saja belum tergali maksimal karena masih mengandalkan Muzaki dari plat merah alias dari PNS. Hingga akhir Oktober telah terkumpul Rp 5,2 miliar.

Ketua Baznas RI Prof Dr KH Noor Achmad. MA mengatakan Zakat, Infaq dan Sodakoh (ZIS) mempunyai manfaat yang sangat besar. Salah satunya adalah untuk membangun Rumah Sehat Baznas (RSB).

Bila ZIS dikumpulkan dan dikelola dengan baik Insya Allah dapat membantu banyak orang. Kiai Noor Achmad mengungkapkan saat ini capaian pengumpulan zakat tingkat nasional baru mencapai 10 persen dari potensi Zakat di Indonesia yakni Rp 327 Triliun per tahun.

“Bila capaian zakat makin tinggi maka Insya Allah tidak ada masyarakat Muslim yang miskin,” ungkapnya.

Ketua Baznas Brebes Abdul Haris SAg mengatakan, RSB Brebes berdiri di atas lahan seluas 4.780 meter persegi dan menelan dana sebesar Rp 2,8 miliar. Pembangunan RSB didanai secara gotong royong antara Pemkab Brebes yang telah menghibahkan tanah, Baznas Brebes Rp 1 miliar dan Baznas RI sebesar Rp 1,8 miliar.

RSB Brebes merupakan satu-satunya RSB di Jawa Tengah dan akan menjadi percontohan bagi Baznas Kabupaten/Kota lainya. RSB ini masih masih sekelas Klinik Pratama.

Turut hadir dalam peresmian, Pimpinan Baznas RI bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan MA, Ketua Baznas Propinsi Jawa Tengah Dr KH Ahmad Daroji MSi, Rois Suriyah PBNU KH Subhan Makmun, Perwakilan Forkompimda, para Kepala OPD yang diundang hadir dan tamu undangan lainya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita