Minggu, 20/11/2022, 23:12:04
TIOCI Tanam Ribuan Pohon di Kawasan Pantai Tambak Raya Indramayu
LAPORAN RESMAN S

Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia, TIOCI kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu menanam ribuan mangrove di Pataya Indramayu. (Foto: Dok)

PanturaNews (Indramayu) - Upaya melindungi abrasi, Toyota Innova Owners Club Indonesia (TIOCI) kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu, menanam ribuan mangrove di Pantai Tambak Raya (Pataya) Indramayu, Jawa Barat.

Penanaman diawali Jamuan makan siang Bupati Indramayu, Nina Agustina bersama TIOCI dan tamu undangan lainnya, di Warung Kopi Manis (WKM) Jl. Pahlawan Kelurahan Margadadi, Indramayu.

Penanaman mangrove yang dilakukan TIOCI dan Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam rangka peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia tahun 2022 yang jatuh pada tanggal 28 November. Pohon yang ditanam yakni 1000 pohon bakau dan 1000 pohon cemara.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu, Aep Surahman mengatakan manfaat yang diperoleh dalam kegiatan ini salah satunya adalah edukasi kepada masyarakat tentang mangrove, dimana mangrove merupakan jenis tanaman yang ekosistemnya dipengaruhi oleh iklim laut.

“Penanaman ini sebagai pencegah abrasi pantai, sekaligus peneduh dan pembersih udara, serta mengajak masyarakat untuk ikut memelihara dan menjaga pantai,” jelas Aep Surahman kepada PanturaNews, Minggu 20 November 2022.

Staf Ahli Politik, Hukum dan Pemerintahan pada Sekretariat Daerah Indramayu, Sugeng Heryanto mengatakan bahwa bicara pohon mempunyai manfaat yang sangat luar biasa bagi lingkungan, bahkan untuk kelangsungan hidup manusia.

Menanam dan memelihara pohon, lanjutnya, merupakan investasi yang nilainya terus meningkat. Oleh sebab itu adanya gerakan menanam dan memelihara pohon, harus menjadi sikap hidup budaya bangsa.

“Tujuannya memberikan kesadaran dan kepedulian masyarakat, serta sebagai bentuk mitigasi dan adaptasi dalam perubahan iklim global,” ujar Sugeng.

Sementara Ketua TIOCI, Iwan Setiawan mengungkapkan rasa syukurnya karena organisasi yang dipimpinnya, dapat kembali melaksanakan berbagai kegiatan terutama kegiatan yang berkaitan dengan menjaga lingkungan.

“Alhamdulillah setelah pandemi Covid-19 yang semakin membaik, acara ini bisa terlaksana dimana TIOCI ingin berkontribusi walaupun sedikit terhadap lingkungan,” tutur Iwan.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita