Selasa, 15/11/2022, 20:05:08
Bawaslu Beri Pembekalan Anggota Panwascam Tentang Tata Kerja dan Polhub Pemilu
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Ketua Bawaslu Kabupaten Brebes, Wakro. (Foto:Takwo Heriyanto/Dok)

PanturaNews (Brebes) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, memberikan pembekalan kepada anggota panitia pengawas pemilu kecamatan (panwascam) sebagai persiapan menghadapi Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Brebes, Wakro, mengatakan, ada sebanyak 51 anggota panwascam dan 1 kepala sekretariat yang mengikuti pembekalan. Yakni pembekalan terkait dengan materi arah kebijakan Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tata Kerja dan Pola Hubungan (Polhub) Pengawas Pemilihan Umum.

"Materi yang disampaikan ini terkait dengan pembagian divisi di kecamatan. Karena divisinya berbeda dengan Pemilu 2019 kemarin. Termasuk juga tugas-tugas dari divisi itu,” ujar Wakro, di sela acara KOnsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilu Bawaslu Kabupaten dan Pengawas AD-HOC Dalam Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024, di Grand Dian Hotel Brebes, Selasa 15 November 2022.

Menurutnya, ada perbedaan mendasar dalam tata kerja Panwascam pada pemilu 2019 lalu dengan 2024 mendatang. Hal dasar yang membedakan adalah sebagai Ketua Panwascam adalah divisi SDM.

Kemudian, semua komisioner adalah pemegang tahapan, setelah dibagi dengan porsi masing-masing. Terkait dengan mekanisme pelaporan pelanggaran Pemilu, akan dilakukan pada pembekalan lanjutan.

“Sementara ini untuk pembagian devisi yang kita matangkan. Nanti selanjutnya perencanaan kerja dan pelaporan kita lakukan bertahap,” ungkap dia.

Pada saat tahapan pendaftaran partai Pemilu, verifikasi administrasi, dan verifikasi faktual yang dilakukan KPU, divisi penyelesaian sengketa Bawaslu, mereka memiliki tanggungjawab melakukan pengawasan. Ini dikarenakan, dalam segala tahapan pendaftaran partai politik hingga verifikasi faktual, berpotensi adanya sengketa proses Pemilu.

“Ini ujian bagi Polhub. Kalau dulu, segala tahapan pemilu diawasi oleh salah satu divisi saja, sekarang dibuat kolektif kolegial oleh masing-masing divisi,” pungkasnya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita