Rabu, 26/10/2022, 17:59:24
Gerakan Nasional Aksi Bergizi Digelar di SMP Negeri 1 Bangodua
LAPORAN RESMAN S

Para siswi SMP Negeri 1 Bangodua mendapat edukasi pada Gerakan Nasional Aksi Bergizi. (Foto: Dok)

…akibat anemia pada remaja putri, adalah terganggunya pertumbuhan dan perkembangan…

PanturaNews (Indramayu) - Dinas Kesehatan melalui UPTD Puskesmas Bangodua, Kecamatan Bongodua, Kabupaten Indramayu menggelar Gerakan Nasional Aksi Bergizi di SMP Negeri 1 Bangodua, Rabu 26 Oktober 2022 pagi.

Para siswa mendapat edukasi meningkatkan kesadaran remaja usia sekolah, sepert soal Stunting, yaitu sesuatu yang merupakan kondisi gagal tumbuh pada balita karena kurang asupan gizi, infeksi berulang hingga kurangnya stimulasi gizi.

“Untuk itu perlu ada pencegahan sedini mungkin terutama pada calon ibu di masa yang akan datang,” kata Kepala UPTD Puskesmas Bangodua, drg Maya Tristiani.

Untuk itu, Maya Tristiani menyampaikan edukasi berupa informasi pentingnya minum tablet tambah darah, konsumsi gizi seimbang dan aktifitas fisik bagi remaja putri terutama pada saat menstruasi.

Perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, mengatakan dengan mengkonsumsi tablet tambah darah para remaja putri khususnya usia sekolah, nantinya akan lebih siap saat menstruasi karena asupan zat besi terpenuhi.

"Seperti diketahui bersama akibat anemia pada remaja putri, adalah terganggunya pertumbuhan dan perkembangan, kelelahan, menurunkan fungsi dan daya tahan tubuh serta lebih rentan terhadap keracunan,” jelasnya.

Kepala Desa Wanasari Tarsono, ST usai acara berharap tenaga kesehatan dapat mengedukasi guru dan juga murid akan pentingnya pemberian tablet tambah darah.

“Pemberian ini sangat penting, salah satunya dapat mengurangi potensi anemia bagi remaja putri,” ujarnya.

Hadir pada acara itu Camat Bangodua di wakili Sekretaris Yayan Tefiyanti. Kapolsek Tukdana, Danramil Bangodua. Kepala Puskesmas Bangodua, drg Maya Tristiani, Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu dan Kepala Desa Wanasari, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Bangodua, guru dan siswa siswi SMP Negeri 1 Bangodua.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita