Rabu, 28/09/2022, 11:13:55
Wujudkan Generasi Berkarakter Islami, Himpaudi Sirampog Gelar Manasik Haji Cilik
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Anak-anak nampak antusias mengikuti kegiatan manasik haji cilik dengan bimbingan dari para pendidik (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Ratusan anak-anak PAUD yang tergabung pada Kelompok Bermain se-Kecamatan Sirampog, Kabupahen Brebes Jawa Tengah, mengikuti manasik haji cilik yang digelar Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi), di lapangan di Lapangan Plang Sirampog, Rabu 28 September 2022.

Pengawas pendidikan bidang PNF wilayah Kecamatan Sirampog Abdul Hakim saat membuka acara menyampaikan, kegiatan manasik haji cilik bermanfaat untuk mengenalkan kepada anak-anak bagaimana rangkaian melaksanakan rukun Islam yang kelima. Selanjutnya anak-anak akan dapat memahami dan tertanam dipikirannya dan kelak saat dewasa akan melaksanakan Ibadah Haji.

“Terimakasih kepada Himpaudi Sirampog dan Kepala Sekolah dan Pendidik PAUD serta orang tua yang telah mendukung kegiatan manasik haji ini,” katanya.

Kegiatan manasik haji cilik diharapkan bisa membentuk karakter anak Islami, sholeh dan sholehah serta berakhlak, yang mengenal ibadah haji dengan rangkaiannya diketahuinya.

“Jadi bukan hanya materi saja tapi langsung dipraktekkan melalui manasik haji cilik ini,” ujar Hakim.

Kegiatan manasik haji cilik ini  dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan anak didik soal ibadah haji.

“Mari kita kenalkan anak-anak kita akan Ibadah Haji, ini akan tertanam di pikiran  mereka akan pentingnya melaksanakan ibadah Haji ” kata Hakim.

Ketua Himpaudi Kecamatan Sirampog yang juga ketua panitia kegiatan, Narni Sugiarti menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pendidikan, seluruh panitia Himpaudi, Kepala Sekolah, pendidik dan orang tua atas dukungannya sehingga terlaksananya kegiatan tersebut.

Kegiatan diikuti ol3h 30 lembaga PAUD yang ada di Kecamatan Sirampog, masing-masing lembaga mengirim 20 hingga 30 anak, sehingga total peserta mencapai lebih dari 800 anak.

Maksud dan tujuan dari kegiatan peragaan manasik haji bagi anak PAUD ini sebagai implementasi pendidikan karakter dan untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai agama dan moral yang merupakan salah satu pembelajaran di PAUD.

"Diharapkan anak dan orang tua dapat mengenal apa itu manasik haji agar suatu saat nanti anak dan orang tua termotivasi untuk beribadah haji," kata Narni.

Kegiatan manasik haji cilik yang diselenggarakan oleh Himpaudi Kecamatan Sirampog yang merupakan kegiatan program tahunan dalam rangka implementasi pengembangan nilai-nilai agama dan moral anak usia dini.

"Ini kegiatan rutin tiap tahun dan diikuti oleh PAUD yang ada se-Kecamatan Sirampog, namun dua tahun sempat vakum karena Pandemi Covid-19," pungkas Narni.

Pada rangkaian manasik haji cilik tersebut, anak-anak terlihat antusias melakukan prosesi manasik haji cilik ini, yang di pandu oleh tim penyelenggara. Meski masih anak-anak peserta begitu serius menikmati setiap cara bagaimana melaksanakan ibadah haji yang baik.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita