Jumat, 02/09/2022, 16:45:05
Bencana Tanah Bergerak, Lima Rumah Rusak Berat
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Petugas BPBD Brebes melakukan pngecakan dan pendataan kerusakan rah warga akibat pergerakan tanah di Desa Plompong (Foto: Dok. Budi S)

PanturaNews (Brebes) - Bencana alam tanah bergerak melanda Dukuh Krajan Desa Plompong Kecamatan Sirampog, Kabupatn Brebws, Jawa Tengah. Akibatnya lima warga mengalami rusak berat.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, lima rumah yang rusak berat akibat tanah gerak ada di RT 02, RT 03 ran RT 04 RW 01. Yakni milik Mukhlisin (47), Zakaria (30), Komaudin (55), Wasri (75) dan Wajun (70).

Koordinator Satgas Penanggulangan Bencana (PB) BPBD Brebes Pos Bumiayu, Budi Sudjatmiko mengatakan, tanah bencana tanah bergerak nyertani setelah turun hujan yang cukup besar yang mengakibatkan perpindahan alur Sungai Keruh di wilayah Desa Plompong yang dekat dengan hunian warga.

"Alur air pindah ke dekat pemukiman dan memicu terjadinya bergerak tanah yangvada di atasnya," katanya, Jumat 02 September 2022.

Pergerakan tanah cukup parah terutama di RT 02 RW 01 dan penghuni rumah yang rusak parah diminta untuk pengungsi ke tempat yang aman.

"Pergerakan tanah sudah sering terjadi di lokasi itu dan pada tiga hari ini makin parah," ungkap Budi.

Tidak ada korban jiwa akibat bencana tanah bergerak tersebut. Meski begitu kerugian materi cukup besar ,karena kondisi bangunan lima rumah mengalami kerusakan cukup parah dan membahayakan.

"Dari pendataan yang dilakukan petugas lima rumah yang rusak berat 17 jiwa, diantaranya satu balita dan empat lansia," ujar Budi.

Bencana tanah bergerak yang merusak lima rumah ini telah dilaporkan ke Pemkab Brebes melalui BPBD Brebes. Diharapkan ada penanganan lebih lanjut, mengingat pegerakan tanah masih terus terjadi yang dapat mengakibatkan berambahnya jumlah karusakan.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita