Sabtu, 20/08/2022, 12:27:43
Untuk Jadi Sukses Tidak Harus Pintar dan Modal Besar. Fikri: Yang Terpenting…
LAPORAN SL. GAHARU

Abdul Fikri Faqih menjadi pembicara pada Seminar Motivasi yang diikuti ratusan siswa dan siswi kelas XII SMK Ma'arif NU Talang, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal. (Foto: Dok/Tim PKS)

Selain hard skill, soft skill juga harus punya mental yang baik dan karakternya kuat…

PanturaNews (Tegal) - Hal pertama untuk sukses adalah mindset. Sebab kesuksesan bisa diraih oleh siapa saja dan dimana saja. Tidak harus pintar, tidak harus dengan modal besar. Tapi yang terpenting adalah basic mentality atau mental dasar kesuksesan dan semangat membangun diri.

Pernyataan itu mencuat saat Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dr. H. Abdul Fikri Faqih saat menjadi pembicara pada Seminar Motivasi di SMK Ma'arif NU Talang, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Sabtu 20 Agustus 2022.

Apalagi, kata Fikri, di tengah dunia yang sedang mengalami era ketidak pastian, komplek dan ambigu sekarang ini. Karenanya saat belajar jangan "bergaya ternak", yaitu hanya belajar dengan rutinitas tanpa inisiatif.

“Sebaliknya, kita semua harus kreatif penuh inisiatif, fleksible dan pandai beradaptasi,” ujar Politisi PKS dari Dapil Jawa Tengah IX yang meliputi Kota-Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes ini.

Sekarang ini, lanjut Fikri, modal terbesar adalah kecakapan manusianya, tergantung nilainya dari ide-idenya. Jadi dalam belajar adalah mengasah bisa muncul ide dari potensi yang dipunyai, dan kegelisahan antara idealita yang diinginkan dan kesulitan yang dihadapi.

Lebig lanjut dikatakan Fikri, dalam belajar untuk mengasah kemampuan dan kompetensi, tidak harus diajarkan di sekolah, soft skill yang mengiringi hard skill yang akan menyertai keberhasilan atau kesuksesan seseorang dalam berusaha.

“Selain hard skill, soft skillnya yang bagus, juga harus punya mental yang baik dan karakternya kuat. Industri sekarang ini selain hard skil, soft skill juga menjadi titik berat pertimbangan orang diterima kerja,” tegas Fikri.

Ditambahkan, soft skill seperti etika, kerjasama, komunikasinya prima, berpikir positif, percaya diri, bekerja baik meski dibawah tekanan, selalu memotivasi dirinya, kepemimpinan diri hrus dimiliki.

“Atau singkatnya adalah mempunyai akhlak mulia dan jujur, sebagaimana alasan Siti Khodijah memilih Rasulullah Muhammad SAW, yaitu berakhlaq mulia dan Jujur,” urai Fikri.

Seminar Motivasi Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dr. H. Abdul Fikri Faqih diikuti ratusan siswa dan siswi kelas XII dari 4 program studi (Prodi) SMK Ma'arif NU Talang, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita