Minggu, 07/08/2022, 16:03:19
Sah...! Dewan Pimpinan Ranting Harpi Melati Bumiayu Dilantik
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Pelantikan dewan pengurus ranting Harpi Melati Bumiayu. Penyambutan Bupati Brebes. Tata rias pengantin khas Brebea selatan (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Dewan Pimpinan Ranting Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (Harpi) Melati Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah periode 2022-2027 resmi dilantik, Minggu 07 Agustus 2022. Acara pelantikan yang digelar di Pendopo 2 Bumiayu, dan dihadiri Bupati Brebes, Hj. idza Priyanti SE MH.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang Harpi Melati Kabupatm Brebes, Hj Hidayah Edi Muamar. 

Harpi Melati merupakan Organisasi Profesi, yang beranggotakan para Ahli Tata Rias yang berbadan hukum dan kepengurusan sudah tersebar di seluruh Indonesia.

"Kepengurusan Harpi ini ada dari tingkat nasional hingga ke tingkat ranting atau kecamatan," ujar Hidayah.

Menurutnya, sebagai perias pengantin yang profesional, para ahli tata rias harus dapat meningkatkan kreatifitasnya dan harus mampu menjaga dan melestarikan profesinya serta diharapkan dapat mendukung pelestarian Budaya, khususnya Budaya Lampung dan budaya asli Indonesia di masyarakat.

"Saat ini tata rias pengantin telah berkembang dan banyak mengalami perubahan, Harpi Melati Brebes telah membuat pakem untuk tata rias dan tata upacara pengantin khas Brebes," ungkap Hidayah.

Dikatakan untuk Brebes sendiri miliki du bagian, ada peaiair dan selatan. Bagian pesisir sudah dapat merampungkan pembuatan pakem baik tata rias maupun tata upacaranya 

"Untuk wilayah selatan sendiri masih ada yang belum yaitu untuk tata upacaranya dan inibyang akan sehera diselesaikan oleh kepengurusan Harpi periode 2022-2027 ini," kata Hidayah.

Kepada pengurus Harpi Melati Kecamatan Bumiayu yang baru dilantik dan di kukuhkan, Ketua DPC Harpi Melati Brebes memberikan ucapan selamat dan diharapkan dapat mengemban amanah organisasi dengan baik.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH yang hadir pada pelantikan tersebut berharap Harpi Melati dapat menjadi wadah tempat berkumpulnya para ahli tata arias pengantin, juga sebagai wahana untuk menyalurkan bakat generasi muda di bidang keterampilan tata rias pengantin, yang bertujuan untuk melestarikan budaya adat lokal, sebagai warisan budaya bangsa serta memperkenalkan kembali tata rias daerah Brebes.

“Perias bukan hanya membuat orang jadi cantik, ganteng, berwibawa tapi lebih dari itu mereka juga melestarikan budaya bangsa," katanya.

Idza berharap kedepan Harpi Melati akan menjadi organisasi yang berkembang dan maju, sehingga dapat membuka peluang kerja bagi generasi muda di dunia tata rias.

Harpi juga harus ikut serta mambantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan warga dengan memberikan pelatihan pada warga yang ingin menekuni masalah tata rias.

“Selamat kepada pengurus Harpi Melati yang baru dilantik, semoga dapat menjadi wadah penyalur bakat generasi muda kita," kata Idza.

Ketua dewan pimpinan ranting Harpi Melati Kecamatan Bumiayu, Evin Nurviana usai pelantikan menyampaikan, kesiapannya untuk menyelesaikan penyusunan pakem tata cara upacara pengantin khas Bumiayu.

"Menjadi pekerjaan rumah bagi kami pengurus baru untuk menyelesaikan pakem tata upacara adat pengantin khas Bumiayu, kami dengan para pengurus," kata Evin.

Acara pelantikan yang juga dihadiri Forkompinda Bumiayu dan dihadiri pyla anggota DRPD Brebes Hj Tri Murdingsih SPsi MPsi. Kesempatan pelantikan juga ditampilkan tata rias pengantin khas Bumiayu atau Brebes bagian selatan.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita