Jumat, 05/08/2022, 22:04:21
Pemkab Brebes Batalkan Rencana Pemindahan Pasar Malam 17-an. Tapi Dengan Catatan
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Perwakilan PKL beraudensi dengan Panitia HUT Kemerdekaan RI terkait kegiatan pasar malam 17-an, di ruang Sekda Brebes. (Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Sempat mendapat penolakan dari ratusan pedagang kaki lima (PKL))terkait rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes, Jawa Tengah, akan memindahkan pasar malam 17-an dari Komplek Gor Brebes ke Islamic Center Brebes, akhirnya dibatalkan.

Pemkab Brebes menyetujui adanya kegiatan pasar malam 17-an tetap digelar Komplek Gor Brebes, seperti yang sudah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya.

Namun dengan catatan waktunya dipastikan tidak bersamaan dengan pameran pembangunan dan UMKM. Sebab, paguyuban pedagang pasar malam harus menyiapkan seluruh kesiapan teknis.

Di antaranya seperti, ketersediaan listrik, lahan parkir, ketertiban umum hingga kelancaran arus lalin. Semuanya, murni menjadi tanggung jawab paguyuban pedagang, bukan dari pendampingan panitia pelaksana.

“Tahun ini, tempat pelaksanaannya juga berbeda. Jika biasanya satu paket, di mana Pasar malam 17-an di GOR Brebes, sekarang untuk pameran pembangunan di Islamic Centre Brebes.,” ujar Ketua Panitia HUT Kemerdekaan RI tahun 2022 Kabupaten Brebes Warsito Eko Putro, saat beraudensi antara perwakilan PKL dengan pihak panitia di ruang Sekda Brebes, Jumat 5 Agustus 2022..

Pada intinya, kata Eko, panitia menyetujui tuntutan pedagang bahwa pelaksanaan Pasar 17-an di komplek olahraga tersebut. Namun, pengelolaannya mandiri melalui Paguyuban Pedagang Bareng Rukun.

“Meski di GOR, namun mereka melalui paguyuban tetap ditarik kontribusi untuk pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp. 50 juta,” jelas Eko.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Pedagang Bareng Rukun, Boncel, mengapresiasi sikap panitia yang telah mendengar keluhan pedagang. Apalagi sudah dua tahun pedagang tidak bisa menggelar dagangannya pada Pasar Malam 17-an selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

“Yang jelas, kami mewakili sekitar 500-an pedagang berterimakasih, karena pasar malam diijinkan dan rencana akan mulai digelar 7-29 Agustus mendatang,” pungkasnya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita