Rabu, 03/08/2022, 23:16:38
Kemenkes Anjurkan Vaksin Booster Kedua. Ini Yang Akan Dilakukan Dinkes Brebes
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

PanturaNews (Brebes) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah menganjurkan pelaksanaan vaksinasi booster kedua, pada akhir Juli lalu. Pasalnya, angka kasus Covid-19 disejumlah daerah mengalami kenaikan. Selain itu, kekebalan nakes juga mulai menurun.

Atas anjuran tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, berencana melakukan vaksinasi dosis keempat atau vaksin booster ke dua.

"Namun demikian, booster dosis kedua ini diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes) yang ada di Kabupaten Brebes," ujar Kepala Dinkes Kabupaten Brebes, Ineke Tri Sulistyowati, Rabu 3 Agustus 2022.

Menurutnya, vaksinasi booster kedua atau dosis keempat akan dilakukan dalam pekan ini. Namun sasaran vaksinasi kali ini lebih memprioritaskan tenaga kesehatan.

Dijelaskannya, untuk data vaksinasi booster pertama, total ada 5.923 nakes yang akan disuntik vaksin booster kedua. Di mana, jumlah nakes itu tersebar di 38 puskesmas dan 14 rumah sakit di Brebes.

"Untuk sasarannya nakes yang ada di 38 puskesmas dan 14 rumah sakit yang ada di Kabupaten Brebes serta semua faskes termasuk apotek. Vaksinasi ini menggunakan vaksin jenis Moderna, Sinovak, dan Astrazeneca. Saat ini sedang dibuat surat edaran," terangnya.

Ditambahkannya, untuk vaksinasi booster dosis kedua terhadap masyarakat, belum bisa dilakukan lantaran capaian vaksin booster pertama baru mencapai 20,31 persen.

Sehingga capaian yang masih rendah tersebut akan terus digenjot. Sedangkan capaian vaksinasi dosis pertama sudah 85,4 persen dan vaksinasi dosis kedua sebanyak 72,6 persen.

"Jadi masyarakat harus memenuhi capaian vaksinasi booster tahap pertama dulu dan saat ini terus dikejar karena booster pertama masih tergolong rendah. Meski begitu, untuk di tingkat provinsi kita tergolong bagus. Jadi yang diprioritaskan booster dua itu nakes dulu," ungkapnya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita