Kamis, 28/07/2022, 16:50:35
Reses, Dewi Aryani Sosialisasi UU No. 36/2009 dan UU No. 52/2009 Kepada Ratusan Kader
LAPORAN SL. GAHARU

Anggota Komisi IX DPR RI, Dr. Hj. Dewi Aryani sosialisasi UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan UU No. 52 Tahun 2009 kepada ratusan kader di DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tegal (Foto: Tim DeAr/Dok)

PanturaNews (Tegal) - Pada masa reses kali ini, Anggota Komisi IX DPR RI, Dr. Hj. Dewi Aryani, MSi sosialisasi UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan UU No. 52 Tahun 2009, tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

Sosialisasi digelar di Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, dihadiri kader dan undangan lain, Kamis 28 Juli 2022.

"Kepada anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Tegal dan kader partai, untuk membantu pemerintah kabupaten dan masyarakat dalam menanggulangi stunting," pinta Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr.

Politisi PDI Perjuangan dari Dapil Jawa Tengah IX (Kota/Kab. Tegal, Kab. Brebes) ini merasa prihatin dengan tingginya angka stunting di Kabupaten Tegal. Menurutnya, salah satu faktor yang dominan terjadinya Stunting karena kondisi kemiskinan.

"Kenyataan yang saya temukan di lapangan, bahwa ibu hamil dengan resiko tinggi rata-rata karena tidak cukup uang untuk membeli makanan bergizi, sehingga rentan memiliki bayi dengan kasus stunting yang tinggi," ujarnya.

Karena itu, kata Dewi Aryani, masalah tingginya angka Stunting ini menjadi tantangan semua masyarakat dan kader untuk mengatasi masalah ini. Salah satunya kawasan buah desa yang diprogram untuk menanam buah-buahan di pekarangan yang tidak produktif.

"Dari sumber kawasan buah desa ini, hasilnya untuk diberikan kepada warga yang tidak mampu, terutama ibu-ibu hamil, anak-anak balita dan para manula sehingga asupan gizi mereka bisa terpenuhi," tutur Dewi Aryani.

Kawasan buah dan gizi desa yang menjadi rencana besar Dewi Aryani ini, utk bisa di bangun di desa-desa untuk mempercepat penanggulangan stunting. Program ini akan dilakukan berkolaborasi dengan pemerintah desa.

Selain itu, Dewi Aryani juga akan menggelar program cooking demo, dan memberikan edukasi cara mengolah makanan sehat bergizi dan murah sevagai bagian dari pemenuhan pengetahuan bagi ibu-ibu dan kader posyandu di desa-desa.

"Saya akan membantu memberikan biskuit PMT untuk ibu hamil dengan resiko tinggi dan balita stunting kepada para kepala desa yang wilayahnya memiliki angka kasus balita stunting tinggi," katanya.

Dewi Aryani menerangkan, bahwa Pemkab Tegal dalam bulan Agustus ini akan menyelenggarakan Gebyar Ponsyandu. "Saya berharap program ini akan menuai kesuksesan, manakala semua pihak bahu membahu bersama-samq bergotong royong," harapnya.

Pada kesempatan itu, Dewi Aryani menyerahkan bantuan mesin cetak Kartu Tanda Anggota (KTA) untuk Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tegal. Diserahkan juga bantuan kulkas dan ratusan box biskuit kesehatan.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita